Soal Operasi Hitung Campuran Kelas 6

Soal Operasi Hitung Campuran Kelas 6
Soal Operasi Hitung Campuran Kelas 6 – Belajar Matematika dengan Mudah

Soal Operasi Hitung Campuran Kelas 6

Operasi hitung campuran adalah kombinasi dari beberapa jenis operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada tingkat kelas 6, kamu akan belajar untuk menguasai operasi hitung campuran dengan lebih baik. Artikel ini akan memberikan beberapa soal operasi hitung campuran kelas 6 beserta penjelasannya.

1. Soal Operasi Hitung Campuran Kelas 6

Berikut adalah contoh soal operasi hitung campuran kelas 6:

  • Jika seorang petani memiliki 20 ekor ayam dan setiap ekor ayam bertelur 2 butir per hari, berapa butir telur yang dihasilkan dalam 1 minggu?
  • Sebuah toko menjual 3 buah apel dengan harga Rp5.000 per buah. Berapa harga total dari 5 buah apel?
  • Seorang anak memiliki uang sebesar Rp10.000 dan dia ingin membeli permen yang harganya Rp1.500 per bungkus. Berapa bungkus permen yang dapat dibelinya?

Untuk menyelesaikan soal-soal ini, kamu perlu mengaplikasikan operasi hitung campuran seperti perkalian, penjumlahan, dan pengurangan. Berikut penjelasan dari setiap soal:

1. Soal pertama mengharuskan kamu untuk mengalikan jumlah ayam dengan banyaknya telur yang dihasilkan setiap harinya. Dalam kasus ini, kamu perlu mengalikan 20 ekor ayam dengan 2 butir telur, kemudian mengalikan hasilnya dengan jumlah hari dalam seminggu (7). Jadi, hasilnya adalah 20 x 2 x 7 = 280 butir telur.

2. Pada soal kedua, kamu perlu mengalikan harga apel dengan jumlah buah yang ingin dibeli. Dalam kasus ini, harga per buah adalah Rp5.000 dan jumlah buah yang ingin dibeli adalah 5. Jadi, hasilnya adalah 5 x Rp5.000 = Rp25.000.

Baca juga :  Fungsi Kuadrat: Pengertian, Rumus, Contoh Soal, Dan Penyelesaian

3. Soal ketiga meminta kamu untuk membagi jumlah uang dengan harga per bungkus permen. Dalam kasus ini, jumlah uang yang dimiliki adalah Rp10.000 dan harga per bungkus permen adalah Rp1.500. Jadi, hasilnya adalah Rp10.000 / Rp1.500 = 6 bungkus permen.

2. Kesimpulan

Operasi hitung campuran merupakan kombinasi dari beberapa jenis operasi hitung dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami operasi hitung campuran, kamu dapat mengaplikasikannya dalam berbagai situasi. Artikel ini telah memberikan beberapa soal operasi hitung campuran kelas 6 beserta penjelasannya, sehingga kamu dapat lebih memahami konsepnya.

FAQ tentang Soal Operasi Hitung Campuran Kelas 6

  • Q: Apa itu operasi hitung campuran?
  • A: Operasi hitung campuran adalah kombinasi dari beberapa jenis operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

  • Q: Mengapa penting untuk belajar operasi hitung campuran?
  • A: Operasi hitung campuran sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga penting untuk memahaminya agar dapat mengaplikasikannya dalam berbagai situasi.

  • Q: Bagaimana cara menyelesaikan soal operasi hitung campuran?
  • A: Untuk menyelesaikan soal operasi hitung campuran, kamu perlu mengaplikasikan operasi hitung seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sesuai dengan konteks soal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *