Body Email Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Untuk Sukses Di 2023

Body Email Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Untuk Sukses Di 2023
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email Jasa Penulis Profesional

Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Bagi sebagian orang, melamar pekerjaan dapat menjadi momok yang menakutkan. Terkadang, kita tidak hanya perlu menyiapkan CV dan surat lamaran, tetapi juga body email lamaran kerja yang baik dan benar. Apalagi di era digital seperti sekarang, email menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengirimkan lamaran kerja. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas tips-tips untuk membuat body email lamaran kerja yang baik dan benar agar kamu dapat sukses di tahun 2023.

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Sopan

Salah satu hal yang paling penting dalam membuat body email lamaran kerja adalah menggunakan bahasa yang jelas dan sopan. Pastikan kamu menggunakan kalimat yang mudah dimengerti dan tidak terlalu formal atau informal. Hindari menggunakan kata-kata kasar atau slang yang tidak sopan. Hal ini akan memberikan kesan profesional dan menunjukkan bahwa kamu serius dalam melamar pekerjaan.

Contoh Body Email Lamaran Kerja

2. Sertakan Informasi Kontak yang Jelas

Di dalam body email lamaran kerja, pastikan kamu menyertakan informasi kontak yang jelas seperti nomor telepon dan alamat email. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungi kamu jika terdapat pertanyaan lebih lanjut atau untuk memberikan kabar mengenai status lamaran kamu.

Baca juga :  10 Contoh Scan Lamaran Kerja Terbaik Untuk Karir Anda Di Tahun 2023

3. Jangan Lupa Sisipkan Surat Lamaran dan CV

Sebagai pelengkap, jangan lupa untuk menyisipkan surat lamaran dan CV di dalam body email lamaran kerja. Pastikan file yang kamu kirimkan memiliki ukuran yang sesuai dan format yang dapat dibuka oleh pihak perusahaan. Hal ini akan memudahkan mereka untuk membaca dan mengevaluasi lamaran kamu.

4. Tulis Subject Email yang Menarik

Subject email adalah hal pertama yang akan dilihat oleh penerima email. Oleh karena itu, pastikan kamu menulis subject email yang menarik dan sesuai dengan isi lamaran kamu. Sebagai contoh, kamu bisa menulis “Lamaran Pekerjaan: Nama Posisi di Perusahaan ABC” sebagai subject email kamu.

5. Jangan Terlalu Panjang dan Detail

Body email lamaran kerja sebaiknya tidak terlalu panjang dan detail. Usahakan untuk menyampaikan informasi secara singkat dan padat. Hindari menuliskan pengalaman kerja yang terlalu detail atau informasi pribadi yang tidak relevan dengan lamaran kamu. Hal ini akan membuat pihak perusahaan malas membaca dan mengevaluasi lamaran kamu.

6. Gunakan Bahasa Inggris yang Benar (Jika Diperlukan)

Jika perusahaan yang kamu lamar merupakan perusahaan multinasional atau bergerak di bidang internasional, kamu mungkin perlu menggunakan bahasa Inggris dalam body email lamaran kerja. Pastikan kamu menggunakan bahasa Inggris yang benar dan mudah dimengerti. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan bahasa Inggris jika kamu tidak yakin dengan kemampuanmu.

7. Periksa Kembali Ejaan dan Tata Bahasa

Sebelum mengirimkan lamaran kamu, pastikan untuk memeriksa kembali ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan. Hal ini sangat penting untuk memberikan kesan profesional dan menunjukkan bahwa kamu serius dalam melamar pekerjaan. Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti Microsoft Word atau Grammarly untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa kamu.

Baca juga :  5 Contoh Cv Lamaran Kerja Di Restoran Yang Menarik!

8. Sertakan Penutup yang Menarik

Di akhir body email lamaran kerja, sertakan penutup yang menarik seperti “Terima kasih telah membaca lamaran saya” atau “Saya sangat berharap dapat bergabung dengan perusahaan ini”. Hal ini akan memberikan kesan yang positif dan menunjukkan bahwa kamu sangat tertarik dengan posisi yang kamu lamar.

9. Kirimkan Lamaran Kamu Pada Waktu yang Tepat

Pastikan kamu mengirimkan email lamaran kerja kamu pada waktu yang tepat. Usahakan untuk mengirimkan email pada hari dan jam kerja agar pihak perusahaan dapat langsung mengevaluasi lamaran kamu. Hindari mengirimkan email pada akhir pekan atau hari libur karena kemungkinan besar email kamu akan terlupakan atau tertimbun dengan email yang masuk selama akhir pekan atau hari libur.

10. Follow Up Lamaran Kamu

Jika kamu belum mendapatkan balasan dari pihak perusahaan dalam waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk melakukan follow up melalui email. Jangan terlalu sering mengirimkan email follow up karena hal ini dapat membuat pihak perusahaan merasa terganggu. Usahakan untuk mengirimkan email follow up sekali atau dua kali saja dalam jangka waktu yang wajar.

Kesimpulan

Demikianlah tips-tips untuk membuat body email lamaran kerja yang baik dan benar agar kamu dapat sukses dalam melamar pekerjaan di tahun 2023. Pastikan kamu menggunakan bahasa yang jelas dan sopan, menyertakan informasi kontak yang jelas, serta menuliskan subject email yang menarik dan sesuai dengan isi lamaran kamu. Selain itu, jangan terlalu panjang dan detail dalam menulis body email lamaran kerja serta periksa kembali ejaan dan tata bahasa yang kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses dalam melamar pekerjaan!

Baca juga :  Cara Efektif Menulis Surat Lamaran Kerja Di Kertas Folio Bergaris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *