Windows 10: Cara Mengatasi Semua Aplikasi Yang Dibuka Tiba-Tiba Ditutup

Windows 10: Cara Mengatasi Semua Aplikasi Yang Dibuka Tiba-Tiba Ditutup

Windows 10 adalah sistem operasi yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Namun, seperti halnya sistem operasi lainnya, Windows 10 juga memiliki masalah dan kesalahan yang mungkin terjadi. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Windows 10 adalah ketika semua aplikasi yang dibuka tiba-tiba ditutup sendiri tanpa alasan yang jelas. Masalah ini dapat sangat mengganggu dan menghambat produktivitas pengguna, terutama jika aplikasi yang ditutup adalah aplikasi penting yang sedang digunakan.

Penyebab Aplikasi Tertutup Sendiri di Windows 10

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan aplikasi di Windows 10 tiba-tiba ditutup sendiri. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Pembaruan sistem yang tidak berhasil atau tidak kompatibel dengan aplikasi yang diinstal.
  • Konflik antara aplikasi yang berjalan secara bersamaan.
  • Kerusakan pada file sistem yang diperlukan oleh aplikasi.
  • Kehabisan daya baterai atau masalah dengan pasokan listrik.
  • Infeksi virus atau malware yang merusak sistem atau aplikasi.

Cara Mengatasi Masalah Aplikasi yang Tertutup Sendiri di Windows 10

1. Periksa Pembaruan Sistem

Salah satu langkah pertama yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi masalah ini adalah memeriksa apakah sistem Windows 10 Anda sudah diperbarui dengan pembaruan terbaru. Pembaruan sistem sering kali memperbaiki bug dan masalah yang ada di sistem operasi, termasuk masalah aplikasi yang tertutup sendiri. Anda dapat memeriksa pembaruan sistem dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” dengan mengklik ikon roda gigi di menu Start.
  2. Pilih “Pembaruan & Keamanan”.
  3. Klik “Periksa Pembaruan” untuk memeriksa pembaruan yang tersedia.
  4. Jika ada pembaruan yang tersedia, instal pembaruan tersebut dan restart komputer Anda.
Baca juga :  Cool 10 Cara Interview Yang Baik References

2. Nonaktifkan Konflik Aplikasi

Konflik antara aplikasi yang berjalan secara bersamaan dapat menyebabkan aplikasi tertutup sendiri di Windows 10. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menonaktifkan aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” untuk membuka Task Manager.
  2. Pergi ke tab “Proses” dan cari aplikasi yang ingin Anda tutup.
  3. Klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih “Akhiri Tugas”.

3. Periksa File Sistem yang Rusak

Kerusakan pada file sistem yang diperlukan oleh aplikasi dapat menyebabkan aplikasi tertutup sendiri di Windows 10. Anda dapat memperbaiki file sistem yang rusak dengan menggunakan perintah “System File Checker”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt sebagai administrator. Caranya, klik kanan pada tombol Start dan pilih “Command Prompt (Admin)”.
  2. Ketik perintah berikut dan tekan Enter: sfc /scannow
  3. Tunggu proses pemeriksaan dan perbaikan file sistem selesai.
  4. Setelah selesai, restart komputer Anda.

4. Periksa Daya Baterai atau Pasokan Listrik

Jika aplikasi tertutup sendiri terjadi saat daya baterai hampir habis atau ada masalah dengan pasokan listrik, coba periksa daya baterai atau pasokan listrik Anda. Pastikan baterai Anda memiliki daya yang cukup atau hubungkan komputer Anda ke sumber listrik yang stabil.

5. Lakukan Pemindaian Virus dan Malware

Infeksi virus atau malware dapat merusak sistem atau aplikasi di Windows 10 dan menyebabkan aplikasi tertutup sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan pemindaian virus dan malware dengan menggunakan program antivirus yang terpercaya. Pastikan program antivirus Anda diperbarui dengan definisi virus terbaru sebelum memindai komputer Anda.

FAQ

  • Apakah masalah ini hanya terjadi di Windows 10? Tidak, masalah ini juga dapat terjadi di sistem operasi Windows lainnya, tetapi solusi yang diberikan dalam artikel ini berfokus pada Windows 10.
  • Apakah saya perlu menginstal ulang aplikasi yang tertutup sendiri? Tidak selalu. Anda dapat mencoba solusi lain yang disebutkan dalam artikel ini sebelum memutuskan untuk menginstal ulang aplikasi tersebut.
  • Apakah saya perlu memperbarui semua aplikasi yang terinstal di Windows 10? Tidak, Anda hanya perlu memperbarui aplikasi yang mungkin terkait dengan masalah tertutupnya aplikasi tersebut.
Baca juga :  Ios 10: Cara Memindahkan Foto Dengan Mudah Dan Cepat

Windows 10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *