Windows 10 Cara Explorer Gelap: Panduan Lengkap Dan Praktis

Windows 10 Cara Explorer Gelap: Panduan Lengkap Dan Praktis
Windows 10 Cara Explorer Gelap: Panduan Lengkap dan Praktis

Windows 10 Cara Explorer Gelap: Panduan Lengkap dan Praktis

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yang telah banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Salah satu fitur yang banyak diminati oleh pengguna Windows 10 adalah tema gelap atau dark mode. Tema gelap memberikan tampilan yang lebih elegan, nyaman bagi mata, serta memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam kondisi pencahayaan rendah.

Jika Anda ingin mengaktifkan tema gelap pada Windows 10, terutama pada Windows Explorer, berikut ini adalah panduan lengkap dan praktis yang dapat Anda ikuti:

1. Buka Pengaturan Windows

Langkah pertama adalah membuka pengaturan Windows 10. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon Start di pojok kiri bawah layar, kemudian pilih opsi “Pengaturan”.

2. Pilih Personalisasi

Setelah pengaturan Windows terbuka, cari dan klik opsi “Personalisasi”.

3. Masuk ke Bagian Tema

Di menu personalisasi, pilih opsi “Tema” yang berada di sebelah kiri jendela.

4. Aktifkan Tema Gelap

Pada bagian tema, Anda akan melihat beberapa opsi tema yang tersedia. Cari opsi “Tema Gelap” dan klik tombol “Aktifkan” di bawahnya.

Windows 10 Dark Mode

5. Tunggu Hingga Proses Selesai

Setelah mengklik tombol “Aktifkan” pada tema gelap, Windows akan mulai mengubah tampilan dan menerapkan tema gelap pada Windows Explorer. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

6. Nikmati Tema Gelap pada Windows Explorer

Sekarang, tema gelap telah diaktifkan pada Windows Explorer. Anda dapat membuka Windows Explorer dan melihat perubahan tampilan yang lebih gelap dan elegan.

Baca juga :  Win 10 Cara Hiden Desktop Ini

FAQ:

  • Apakah tema gelap hanya berlaku untuk Windows Explorer?
  • Tema gelap tidak hanya berlaku untuk Windows Explorer. Setelah mengaktifkan tema gelap, tampilan gelap juga akan diterapkan pada aplikasi bawaan Windows seperti Pengaturan, Kalender, dan lainnya.

  • Apakah saya dapat mengatur waktu untuk tema gelap aktif?
  • Ya, Anda dapat mengatur waktu untuk tema gelap aktif dengan mengaktifkan opsi “Tema Gelap Otomatis” yang terletak di bawah tombol “Aktifkan” pada pengaturan tema. Dengan mengaktifkan opsi ini, Windows akan secara otomatis mengubah tema gelap menjadi tema terang berdasarkan waktu di komputer Anda.

  • Bagaimana jika saya ingin kembali ke tema terang?
  • Jika Anda ingin kembali ke tema terang, cukup kembali ke pengaturan tema dan klik tombol “Aktifkan” pada tema terang yang tersedia.

  • Apakah saya dapat mengatur tema gelap untuk aplikasi pihak ketiga?
  • Tidak semua aplikasi pihak ketiga mendukung tema gelap. Namun, beberapa aplikasi populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Office telah menyediakan opsi tema gelap yang dapat Anda aktifkan.

Demikianlah panduan lengkap cara mengaktifkan tema gelap pada Windows 10. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah tampilan Windows Explorer menjadi lebih gelap dan nyaman bagi mata.

Jangan ragu untuk mencoba tema gelap ini dan rasakan perbedaannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *