10 Cara Melihat Device Driver Yang Belum Terinstal Di Windows 10

10 Cara Melihat Device Driver Yang Belum Terinstal Di Windows 10

10 Cara Melihat Device Driver yang Belum Terinstal di Windows 10

Device driver merupakan perangkat lunak yang memungkinkan komputer Anda berkomunikasi dengan perangkat keras yang terhubung ke dalamnya. Ketika Anda menginstal ulang sistem operasi atau mengganti perangkat keras, ada kemungkinan bahwa beberapa device driver belum terinstal atau perlu diperbarui. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara untuk melihat device driver yang belum terinstal di Windows 10.

1. Device Manager

Cara pertama adalah menggunakan Device Manager. Anda dapat membuka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X dan memilih “Device Manager”. Di dalam Device Manager, Anda akan melihat daftar semua perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda. Jika ada device driver yang belum terinstal, akan ditandai dengan tanda seru kuning.

Contoh: Device Manager

2. Windows Update

Cara kedua adalah menggunakan Windows Update. Windows Update secara otomatis mencari dan menginstal pembaruan driver yang tersedia. Anda dapat membuka Windows Update dengan menekan tombol Windows + I, memilih “Update & Security”, dan kemudian memilih “Windows Update”. Setelah itu, klik “Check for updates” untuk mencari pembaruan driver yang belum terinstal.

3. Manufaktur Perangkat Keras

Anda juga dapat mengunjungi situs web manufaktur perangkat keras untuk mencari driver yang sesuai. Biasanya, mereka menyediakan halaman dukungan atau unduhan di mana Anda dapat mencari driver berdasarkan model perangkat keras Anda. Cari driver yang sesuai dengan sistem operasi Windows 10 dan unduh untuk menginstalnya.

Baca juga :  Kmsauto Net Windows 10: Cara Aktivasi Dengan Mudah

Contoh: manufaktur perangkat keras

4. Device ID

Jika Anda memiliki device driver yang belum terinstal, tetapi tidak tahu jenis atau model perangkat kerasnya, Anda dapat menggunakan Device ID untuk mencari driver yang sesuai. Klik kanan perangkat hardware yang belum terinstal di Device Manager, pilih “Properties”, dan buka tab “Details”. Pilih “Hardware Ids” dari drop-down list dan salin Device ID. Kemudian, cari Device ID tersebut di mesin pencari untuk menemukan driver yang sesuai.

Contoh: Device ID

5. Software Pihak Ketiga

Ada juga beberapa software pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat device driver yang belum terinstal di Windows 10. Software ini biasanya menyediakan fitur pemindaian otomatis dan pembaruan driver. Beberapa contoh software yang populer adalah Driver Booster, Driver Easy, dan Snappy Driver Installer.

6. Windows Device Installation

Windows 10 memiliki fitur “Windows Device Installation” yang memungkinkan sistem operasi secara otomatis menginstal driver yang diperlukan saat Anda menghubungkan perangkat baru ke komputer. Pastikan fitur ini diaktifkan dengan membuka “Settings”, memilih “Devices”, dan kemudian memilih “AutoPlay”. Kemudian, aktifkan opsi “Use AutoPlay for all media and devices” di bagian atas halaman.

7. Command Prompt

Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat daftar driver yang belum terinstal di Windows 10. Buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + X dan memilih “Command Prompt”. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:

  • driverquery

8. Windows PowerShell

Windows PowerShell juga dapat digunakan untuk melihat daftar driver yang belum terinstal di Windows 10. Buka Windows PowerShell dengan menekan tombol Windows + X dan memilih “Windows PowerShell”. Ketik perintah berikut dan tekan Enter:

  • Get-WindowsDriver -Online
Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Belum Berpengalaman 2023

9. System Information

System Information adalah utilitas bawaan Windows 10 yang dapat memberikan informasi detail tentang komputer Anda, termasuk driver yang telah terinstal. Anda dapat membuka System Information dengan menekan tombol Windows + R, memasukkan “msinfo32” dalam kotak dialog, dan menekan Enter. Di dalam System Information, buka bagian “Components” dan kemudian pilih “Problem Devices” untuk melihat daftar driver yang belum terinstal.

10. Third-Party Driver Updater

Jika Anda ingin memastikan bahwa semua driver Anda selalu terbarui, Anda dapat menggunakan software pihak ketiga yang disebut “Driver Updater”. Software ini akan secara otomatis memindai dan mengunduh driver terbaru untuk perangkat keras Anda. Beberapa contoh software yang populer adalah Driver Booster, Driver Easy, dan Snappy Driver Installer.

FAQ

  • Apakah saya perlu menginstal semua driver yang belum terinstal?
  • Tidak semua driver yang belum terinstal perlu diinstal. Hanya driver yang relevan dengan perangkat keras yang terhubung ke komputer Anda yang perlu diinstal.

  • Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan software pihak ketiga?
  • Ada beberapa software pihak ketiga yang gratis, tetapi biasanya versi gratis memiliki fitur terbatas. Jika Anda ingin menggunakan semua fitur dan mendapatkan pembaruan driver yang lebih cepat, Anda mungkin perlu membayar untuk versi premium.

  • Apakah saya perlu mengunduh driver dari situs web pihak ketiga?
  • Anda sebaiknya mengunduh driver dari situs web manufaktur perangkat keras. Namun, jika Anda tidak dapat menemukan driver yang sesuai, Anda dapat mencoba mengunduh dari situs web pihak ketiga yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *