Win 10 Cara Hiden Desktop Ini

Win 10 Cara Hiden Desktop Ini

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang memiliki banyak fitur menarik. Salah satu fitur yang sering digunakan pengguna adalah desktop. Namun, ada kalanya kita ingin menyembunyikan desktop agar lebih rapi dan terorganisir. Jika Anda ingin tahu cara menyembunyikan desktop di Windows 10, berikut adalah 10 cara yang dapat Anda coba:

1. Menggunakan Fitur Hide Desktop Icons

Windows 10 memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda menyembunyikan ikon-ikon di desktop. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik kanan pada desktop, pilih “View”, dan kemudian hilangkan centang pada opsi “Show desktop icons”. Dengan cara ini, semua ikon di desktop akan disembunyikan.

hide desktop icons

2. Menggunakan Desktop Wallpaper Minimalis

Jika Anda ingin tetap melihat desktop tanpa ikon, Anda dapat menggunakan wallpaper minimalis. Wallpaper ini biasanya hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada gambar, sehingga desktop terlihat lebih bersih dan rapi. Anda dapat mencari wallpaper minimalis di situs-situs wallpaper atau membuat sendiri.

Contoh wallpaper minimalis:

minimalist desktop wallpaper

3. Menggunakan Fitur Virtual Desktop

Windows 10 juga memiliki fitur virtual desktop yang memungkinkan Anda memiliki beberapa desktop yang berbeda. Anda dapat menyembunyikan desktop dengan mengganti ke desktop lain yang tidak memiliki ikon atau aplikasi yang tidak perlu.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih fleksibel dalam mengatur desktop, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Fences atau Stardock. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat area khusus di desktop untuk menyimpan ikon-ikon atau menyembunyikan ikon-ikon tersebut dengan mudah.

Baca juga :  10 Cara Menjadi Pribadi Yang Menarik

5. Menggunakan Fitur Auto-Hide Taskbar

Taskbar adalah area di bawah desktop yang berisi ikon-ikon aplikasi yang sedang berjalan. Jika Anda ingin menyembunyikan desktop, Anda juga dapat menyembunyikan taskbar dengan mengaktifkan fitur auto-hide. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada taskbar, pilih “Taskbar settings”, dan aktifkan opsi “Automatically hide the taskbar in desktop mode”.

hide taskbar

6. Menggunakan Shortcut Keyboard

Windows 10 memiliki banyak shortcut keyboard yang dapat memudahkan pengguna dalam mengakses fitur-fitur tertentu. Salah satu shortcut yang dapat digunakan untuk menyembunyikan desktop adalah “Windows key + D”. Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, Anda dapat langsung beralih ke desktop.

7. Menggunakan Fitur Tablet Mode

Jika Anda menggunakan Windows 10 pada perangkat tablet atau perangkat dengan touchscreen, Anda dapat mengaktifkan mode tablet. Mode ini akan mengubah tampilan desktop menjadi lebih sederhana dan memungkinkan Anda untuk fokus pada aplikasi yang sedang digunakan.

8. Mengatur Resolusi Layar

Jika Anda memiliki resolusi layar yang cukup tinggi, Anda dapat mengatur resolusi tersebut menjadi lebih rendah. Dengan mengurangi resolusi layar, ukuran ikon-ikon di desktop juga akan menjadi lebih kecil, sehingga desktop terlihat lebih rapi.

9. Menggunakan Fitur Desktop Cleanup Wizard

Windows 10 memiliki fitur Desktop Cleanup Wizard yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis menyembunyikan ikon-ikon yang tidak pernah digunakan. Fitur ini dapat membantu Anda dalam menjaga desktop tetap bersih dan terorganisir.

10. Menggunakan Fitur Group Policy Editor

Jika Anda adalah pengguna Windows 10 Pro atau Enterprise, Anda dapat menggunakan Group Policy Editor untuk menyembunyikan desktop. Caranya adalah dengan membuka Group Policy Editor, navigasi ke “User Configuration”> “Administrative Templates”> “Desktop”> “Hide and disable all items on the desktop”, dan mengatur opsi tersebut menjadi “Enabled”.

Baca juga :  10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Yang Lambat Di Laptop

FAQ

  • Apakah semua cara ini bisa digunakan di Windows 10?
    Ya, semua cara ini dapat digunakan di Windows 10.
  • Apakah ada cara lain untuk menyembunyikan desktop di Windows 10?
    Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya.
  • Apakah cara-cara ini dapat mempengaruhi kinerja komputer?
    Tidak, cara-cara ini tidak akan mempengaruhi kinerja komputer Anda.

Demikianlah 10 cara menyembunyikan desktop di Windows 10. Anda dapat mencoba cara-cara tersebut sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengatur desktop di Windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *