Tata Cara Sholat Isya

tata cara sholat isya
tata cara sholat isya

Tata cara sholat isya merupakan salah satu amalan wajib yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Sholat isya dilakukan setelah sholat maghrib dan sebelum sholat subuh. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari tata cara sholat isya secara lengkap dan detail.

Tata Cara Sholat Isya

1. Mempersiapkan Diri

Sebelum memulai sholat, pastikan dirimu dalam keadaan suci. Lakukan wudhu atau mandi besar terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah tempat yang tenang dan bersih untuk melaksanakan sholat isya.

2. Membaca Niat Sholat

Setelah itu, bacalah niat sholat isya di dalam hati. Niat sholat isya adalah “Aku niat sholat isya dua rakaat karena Allah ta’ala”.

3. Melakukan Takbiratul Ihram

Setelah membaca niat, lakukanlah takbiratul ihram dengan mengangkat tangan sejajar dengan telinga dan ucapkanlah “Allahu Akbar”.

4. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, bacalah surat Al-Fatihah dengan khusyuk. Surat Al-Fatihah merupakan surat wajib yang harus dibaca pada setiap rakaat sholat.

5. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat pendek atau ayat lainnya yang kamu hafal. Jika tidak hafal, kamu bisa membaca Al-Quran yang dibawa atau memperdengarkan bacaan pada handphone.

Baca juga :  Cara Melacak Keberadaan Seseorang

6. Ruku dan I’tidal

Setelah membaca surat pendek, lakukan ruku dengan menundukkan badan dan mengucapkan “Subhana Rabbiyal Adhim”. Kemudian, kembali ke posisi tegak dan ucapkan “Sami’allahu liman hamidah”

FAQ

1. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum sholat isya?

Sebelum sholat isya, kamu harus mempersiapkan diri dengan melakukan wudhu atau mandi besar dan memilih tempat yang tenang dan bersih untuk melaksanakan sholat.

2. Apa saja surat yang harus dibaca pada sholat isya?

Surat yang harus dibaca pada sholat isya adalah Al-Fatihah dan surat pendek atau ayat lainnya yang kamu hafal.

3. Apa itu takbiratul ihram?

Takbiratul ihram adalah ucapan “Allahu Akbar” yang dilakukan pada awal sholat.

4. Apa itu ruku dan i’tidal?

Ruku adalah posisi membungkuk pada sholat, sedangkan i’tidal adalah posisi bangkit kembali ke posisi tegak setelah ruku.

5. Apa yang harus dilakukan jika lupa membaca surat pada sholat?

Jika lupa membaca surat pada sholat, maka kamu harus melakukan sujud sahwi pada akhir sholat.

6. Apa yang harus dilakukan jika terlambat sholat isya?

Jika terlambat sholat isya, maka kamu harus segera melaksanakan sholat setelah adzan isya berkumandang.

7. Apa saja yang membatalkan sholat isya?

Sholat isya bisa dibatalkan jika kamu keluar dari kiblat atau berbicara secara sengaja.

8. Apa yang harus dilakukan setelah sholat isya?

Setelah sholat isya, kamu bisa membaca dzikir, doa, atau membaca Al-Quran. Namun, sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang mengganggu khusyuk dan ketenangan.

Pros

Sholat isya merupakan salah satu amalan wajib yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Melakukan sholat isya secara rutin dapat meningkatkan kualitas diri dan keimanan kepada Allah SWT.

Baca juga :  10 Cara Membersihkan Meta Dengan Mudah Dan Efektif

Tips

Untuk memaksimalkan kualitas sholat isya, sebaiknya pilihlah tempat yang tenang dan bersih serta hindari hal-hal yang dapat mengganggu khusyuk. Selain itu, jangan lupa membaca ayat atau dzikir sesudah sholat.

Summary

Tata cara sholat isya sangat penting dipelajari oleh umat Muslim. Dalam sholat isya, kamu harus mempersiapkan diri, membaca niat sholat, takbiratul ihram, surat Al-Fatihah, surat pendek, ruku dan i’tidal. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan hal-hal yang dapat membatalkan sholat dan melakukan dzikir atau doa sesudah sholat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *