10 Syarat Berkas Lamaran Kerja Yang Paling Dicari Perusahaan Di Tahun 2023

10 Syarat Berkas Lamaran Kerja Yang Paling Dicari Perusahaan Di Tahun 2023
Lowongan Kerja Syarat berkas CV Surat lamaran pekerjaan

syarat berkas lamaran kerja

Berkas Lamaran Kerja yang Tepat

Berkas lamaran kerja adalah salah satu hal yang paling penting saat mencari pekerjaan. Berkas lamaran yang tepat dan lengkap dapat meningkatkan peluang kamu untuk diterima di perusahaan impianmu. Namun, banyak pelamar kerja yang kurang memperhatikan hal ini. Berikut adalah 10 syarat berkas lamaran kerja yang paling dicari perusahaan di tahun 2023.

1. CV Terbaru

CV terbaru adalah syarat utama dalam berkas lamaran kerja. CV kamu harus mencantumkan informasi yang lengkap dan akurat mengenai pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang dimiliki. Pastikan juga untuk menyesuaikan CV dengan posisi yang kamu lamar.

2. Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi permohonan kamu untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar. Surat lamaran kerja harus ditulis dengan baik dan benar serta mencantumkan alasan mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut.

3. Fotokopi KTP

Fotokopi KTP dibutuhkan sebagai identitas kamu sebagai calon karyawan. Perusahaan akan memeriksa keaslian KTP kamu untuk memastikan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

4. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai

Fotokopi ijazah dan transkrip nilai adalah bukti bahwa kamu memiliki pendidikan yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang kamu lampirkan sudah dilegalisir.

5. Sertifikat Pelatihan

Sertifikat pelatihan adalah bukti bahwa kamu memiliki keahlian tambahan yang dapat mendukung pekerjaanmu di perusahaan. Pastikan kamu mencantumkan sertifikat pelatihan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Baca juga :  10 Contoh Undangan Lamaran Kerja Yang Menarik Untuk Tahun 2023

6. Portofolio

Portofolio adalah kumpulan hasil kerja kamu yang dapat menunjukkan kemampuan dan kreativitasmu di bidang yang kamu geluti. Portofolio ini biasanya dibutuhkan untuk posisi yang berhubungan dengan desain grafis, fotografi, atau video editing.

7. Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya. Surat ini berisi informasi mengenai masa kerja kamu di perusahaan tersebut dan kinerja kamu selama bekerja.

8. Referensi

Referensi adalah orang yang dapat memberikan rekomendasi mengenai kinerjamu di tempat kerja sebelumnya. Perusahaan dapat menghubungi referensi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kualitas kerjamu.

9. Pas Foto Terbaru

Pas foto terbaru adalah syarat yang harus kamu lampirkan dalam berkas lamaran kerja. Pastikan kamu mengambil foto dengan pakaian formal dan tidak ada background yang mengganggu.

10. Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi informasi mengenai dirimu secara singkat. Daftar riwayat hidup harus mencantumkan informasi mengenai pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan minat yang kamu miliki.

Demikianlah 10 syarat berkas lamaran kerja yang paling dicari perusahaan di tahun 2023. Pastikan kamu menyiapkan berkas lamaran dengan baik dan benar untuk meningkatkan peluangmu diterima di perusahaan impianmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *