10 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Profesional

10 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Profesional
16 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat Lamaran Kerja yang Benar

Perkenalkan Diri dengan Jelas

Surat lamaran kerja adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, perkenalkan diri dengan jelas di awal surat. Sebutkan nama, asal sekolah/universitas, jurusan, dan pengalaman yang dimiliki. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan dalam surat.

Gambar Ilustrasi: Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja

Jangan Asal Copy-Paste

Banyak pelamar yang asal copy-paste surat lamaran kerja. Hal ini akan memberikan kesan bahwa pelamar tidak serius dan tidak memiliki kemampuan menulis dengan baik. Jika tidak pandai menulis, ada baiknya meminta bantuan teman atau mempelajari struktur surat lamaran kerja yang baik.

Perhatikan Format dan Struktur

Pastikan format dan struktur surat lamaran kerja sesuai dengan standar yang berlaku. Gunakan font yang mudah dibaca seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12. Jangan lupa untuk memberi jarak antara setiap paragraf dan menggunakan spasi ganda.

Gunakan Bahasa yang Baku dan Mudah Dipahami

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja harus baku dan mudah dipahami. Hindari penggunaan bahasa gaul atau singkatan yang tidak jelas. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang benar.

Tunjukkan Kemampuan yang Dimiliki

Surat lamaran kerja sebaiknya tidak hanya berisi pengalaman yang dimiliki, tetapi juga kemampuan yang dimiliki. Tunjukkan bahwa pelamar memiliki kemampuan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Tambahkan contoh keberhasilan atau proyek yang pernah dilakukan.

Baca juga :  Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Profesional

Sesuaikan dengan Lowongan Pekerjaan

Setiap lowongan pekerjaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sesuaikan surat lamaran kerja dengan persyaratan yang ditentukan. Jangan lupa untuk menyebutkan alasan mengapa pelamar tertarik dengan posisi tersebut.

Jangan Terlalu Panjang

Surat lamaran kerja sebaiknya tidak terlalu panjang. Jangan menulis hal-hal yang tidak relevan dengan posisi yang dilamar. Usahakan untuk membuat surat lamaran kerja tidak lebih dari satu halaman.

Cantumkan Kontak yang Dapat Dihubungi

Pastikan mencantumkan kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan alamat email. Jangan lupa untuk memeriksa kembali kontak yang dicantumkan agar tidak terjadi kesalahan penulisan.

Jangan Lupa Menyertakan CV

Surat lamaran kerja sebaiknya dilengkapi dengan CV atau daftar riwayat hidup. CV seharusnya berisi informasi mengenai pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki. Pastikan CV yang dibuat memiliki tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

Periksa Kembali Sebelum Mengirimkan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, periksa kembali kesalahan penulisan dan format. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau tata bahasa yang salah. Jangan lupa untuk mengirimkan surat lamaran kerja dan CV dalam format yang diminta oleh perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *