Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar Di Tahun 2023

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik Dan Benar Di Tahun 2023
Buat Lamaran Tulis Tangan Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

1. Perkenalan Diri

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi. Isi dari surat lamaran kerja mencakup perkenalan diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki. Untuk memperoleh kesempatan wawancara kerja, kamu harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penulisan surat lamaran kerja tulis tangan.

Saat ini, teknologi sudah semakin canggih dan banyak perusahaan yang menerima lamaran kerja melalui email atau platform job portal. Namun, masih ada beberapa perusahaan yang lebih suka menerima surat lamaran kerja tulis tangan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar.

1.1 Contoh Perkenalan Diri

Perkenalan diri harus ditulis dengan jelas dan singkat. Sebutkan nama lengkap, usia, alamat, nomor telepon, dan email. Berikut adalah contoh perkenalan diri yang baik:

  • Nama: Adi Prasetyo
  • Usia: 25 tahun
  • Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 10, Jakarta Pusat
  • Nomor telepon: 0812-3456-7890
  • Email: adi.prasetyo@gmail.com

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga harus ditulis dengan jelas dan singkat. Sebutkan jenjang pendidikan, nama sekolah/universitas, jurusan, dan tahun lulus. Berikut adalah contoh riwayat pendidikan yang baik:

  • SD: SDN 01 Jakarta (2001-2007)
  • SMP: SMPN 01 Jakarta (2007-2010)
  • SMA: SMAN 01 Jakarta (2010-2013)
  • S1: Universitas Indonesia, Teknik Informatika (2013-2017)
Baca juga :  5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Kurir Di J&T Yang Menarik

2.1 Jurusan yang Relevan

Jika kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang pernah kamu ambil, sebutkan jurusan tersebut dengan jelas. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai programmer, sebutkan bahwa kamu lulus dari jurusan Teknik Informatika.

3. Pengalaman Kerja

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, sebutkan pengalaman kerjamu dengan jelas dan singkat. Sebutkan nama perusahaan, jabatan, dan waktu bekerja. Berikut adalah contoh pengalaman kerja yang baik:

  • Programmer di PT X (2017-2019)
  • System Analyst di PT Y (2019-2021)

3.1 Pengalaman Kerja yang Relevan

Jika kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman kerjamu, sebutkan pengalaman kerja tersebut dengan jelas. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai programmer, sebutkan pengalaman kerjamu sebagai programmer.

4. Kemampuan yang Dimiliki

Sebutkan kemampuan yang kamu miliki yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan terlalu banyak menyebutkan kemampuan yang tidak relevan. Berikut adalah contoh kemampuan yang relevan:

  • Menguasai bahasa pemrograman Java
  • Menguasai framework Spring
  • Menguasai database MySQL

4.1 Kemampuan yang Spesifik

Jika kamu memiliki kemampuan yang spesifik yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, sebutkan kemampuan tersebut dengan jelas. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai programmer, sebutkan kemampuanmu dalam membuat aplikasi mobile menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

5. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar di tahun 2023. Perlu diingat, penulisan surat lamaran kerja tulis tangan harus dilakukan dengan teliti dan cermat agar terlihat profesional dan tidak menimbulkan kesan negatif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Jangan lupa untuk selalu berusaha dan berdoa.

surat lamaran kerja

Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *