Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Lengkap – Panduan Terbaru 2023

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Lengkap - Panduan Terbaru 2023
Contoh Lengkap Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Terbaru

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Lengkap – Panduan Terbaru 2023

Pengantar

Surat lamaran kerja tulis tangan masih menjadi salah satu cara yang efektif dalam mencari pekerjaan. Meskipun saat ini banyak perusahaan yang menerima lamaran secara online, namun surat lamaran tulis tangan tetap memiliki nilai lebih karena menunjukkan keseriusan dan keprofesionalan pelamar. Namun, banyak juga yang kesulitan dalam membuat surat lamaran tulis tangan yang baik dan benar. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang lengkap dan profesional.

Persiapan

Sebelum membuat surat lamaran, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama, pastikan Anda sudah memiliki informasi tentang perusahaan yang akan Anda lamar. Cari tahu tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut agar dapat menyesuaikan surat lamaran dengan karakter perusahaan. Kedua, persiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti CV, transkrip nilai, sertifikat, dan dokumen lainnya yang relevan.

Struktur Surat Lamaran

Struktur surat lamaran tulis tangan terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Alamat surat
  • Tanggal surat
  • Alamat tujuan
  • Salutasi
  • Isi surat
  • Penutup
  • Tanda tangan

Penulisan Surat Lamaran

Setelah mengetahui struktur surat lamaran, berikut adalah tips dalam penulisan surat lamaran tulis tangan yang baik dan benar:

1. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Penulisan surat lamaran harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai. Pastikan ejaan dan tata bahasa sudah benar agar terlihat lebih profesional.

Baca juga :  Contoh Surat Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja Yang Efektif Dan Menarik

2. Jangan Mengulang-ulang Informasi

Isi surat lamaran harus singkat dan padat. Jangan mengulang-ulang informasi yang sudah tercantum di CV atau dokumen pendukung lainnya. Fokus pada keunggulan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar.

3. Jangan Lupa Menyebutkan Tujuan Lamaran

Tujuan dari surat lamaran adalah untuk melamar pekerjaan, oleh karena itu jangan lupa menyebutkan posisi yang dilamar dan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut.

4. Tunjukkan Keunikan dan Kelebihan Anda

Tunjukkan keunikan dan kelebihan Anda dalam surat lamaran. Jangan hanya menuliskan pengalaman atau kualifikasi yang umum, tetapi sebutkan juga hal-hal yang membedakan Anda dari pelamar lainnya.

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang lengkap dan profesional tidaklah sulit jika sudah mengetahui tips dan panduan yang benar. Pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum membuat surat lamaran, dan gunakan bahasa yang baik dan benar dalam penulisannya. Dengan surat lamaran yang baik, peluang untuk diterima di perusahaan yang diinginkan semakin besar.

Surat Lamaran Kerja

Sumber gambar: Bing.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *