Ini Dia Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Salah Dan Harus Dihindari Pada 2023!

Ini Dia Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Salah Dan Harus Dihindari Pada 2023!
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan (Lengkap dengan Struktur Surat Lamaran

Struktur Surat Lamaran Kerja yang Salahilustrasi surat lamaran kerja

Kenapa Pentingnya Struktur Surat Lamaran Kerja itu?

Surat lamaran kerja adalah langkah awal bagi kamu untuk mengajukan diri sebagai kandidat pekerjaan. Dalam surat lamaran kerja, kamu akan memperkenalkan diri secara singkat, menunjukan minat dan kualifikasi kamu terhadap posisi yang kamu lamar. Oleh karena itu, struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat penting untuk diperhatikan.

Apa Saja Struktur Surat Lamaran Kerja yang Salah?

Menggunakan format yang tidak jelas, terlalu panjang atau terlalu pendek, tidak mencantumkan informasi yang penting, atau bahkan menuliskan kesalahan tata bahasa dan ejaan, adalah beberapa contoh dari struktur surat lamaran kerja yang salah. Kesalahan dalam struktur surat lamaran kerja dapat mengurangi kesempatan kamu untuk dipanggil interview atau bahkan langsung ditolak oleh perusahaan.

Apa yang Harus Dihindari Dalam Struktur Surat Lamaran Kerja?

Agar surat lamaran kerja kamu lebih baik dan menarik perhatian perekrut, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu hindari dalam struktur surat lamaran kerja:

  • Menuliskan informasi yang tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Menggunakan bahasa yang tidak sopan atau terlalu informal.
  • Menggunakan format yang tidak jelas atau terlalu berantakan.
  • Menuliskan kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Tidak mencantumkan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi.

Bagaimana Struktur Surat Lamaran Kerja yang Benar?

Berikut adalah struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar yang dapat kamu gunakan sebagai panduan:

  1. Informasi Kontak
  2. Isi surat lamaran kerja harus dimulai dengan informasi kontak kamu, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Pastikan kamu mencantumkan informasi kontak yang jelas dan mudah dihubungi oleh perusahaan.

  3. Penyebutan Posisi
  4. Setelah informasi kontak, kamu harus menyebutkan posisi yang kamu lamar dengan jelas dan singkat. Hal ini akan memberikan kesan profesional dan menunjukan keseriusan kamu terhadap posisi tersebut.

  5. Paragraf Pembuka
  6. Paragraf pembuka harus berisi pengenalan diri singkat, menyebutkan tujuan kamu untuk melamar posisi tersebut, serta mengapa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu umum dan tidak menunjukan minat kamu terhadap posisi tersebut.

  7. Paragraf Utama
  8. Paragraf utama harus berisi informasi tentang pengalaman kerja, kualifikasi, dan keahlian yang kamu miliki yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan kamu memberikan informasi yang spesifik dan menunjukan kesesuaian kamu dengan posisi yang kamu lamar.

  9. Paragraf Penutup
  10. Paragraf penutup harus berisi ringkasan dari surat lamaran kerja kamu, ungkapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, serta harapan kamu untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya dalam proses seleksi.

  11. Informasi Kontak dan Tanda Tangan
  12. Terakhir, kamu harus mencantumkan informasi kontak kamu sekali lagi, seperti nomor telepon dan email, serta menyertakan tanda tangan dan nama kamu pada surat lamaran kerja.

Baca juga :  Biodata Terbaik Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023

Kesimpulan

Struktur surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat penting untuk meningkatkan kesempatan kamu dalam mendapatkan posisi yang kamu lamar. Hindari kesalahan-kesalahan dalam struktur surat lamaran kerja, dan gunakan panduan yang telah disebutkan di atas untuk membuat surat lamaran kerja yang menarik dan profesional.

Sumber: https://www.unsuri.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *