Struktur Latar Belakang Skripsi

Struktur Latar Belakang Skripsi
Contoh Latar Belakang Dan Rumusan Masalah Dalam Makalah

Struktur Latar Belakang Skripsi

Pada tahun 2023, tuntutan untuk menyelesaikan skripsi semakin meningkat. Banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menentukan struktur latar belakang skripsi. Latar belakang skripsi merupakan bagian penting dari skripsi yang harus disusun dengan baik dan benar. Pada artikel ini, kita akan membahas struktur latar belakang skripsi secara lengkap.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, kamu harus menjelaskan tentang topik skripsi yang kamu pilih. Jelaskan mengapa topik tersebut penting dan relevan dengan bidang ilmu yang kamu pelajari. Selain itu, kamu juga harus memberikan gambaran secara umum mengenai isi skripsi.

Latar Belakang

Pada bagian latar belakang, kamu harus menjelaskan mengenai kondisi atau masalah yang menjadi latar belakang penelitian kamu. Berikan penjelasan secara detail mengenai masalah tersebut dan mengapa kamu memilih topik tersebut sebagai objek penelitian kamu.

latar belakang skripsi

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian harus jelas dan spesifik. Pada bagian ini, kamu harus menjelaskan tentang tujuan yang ingin kamu capai melalui penelitian kamu. Tujuan penelitian harus berkaitan dengan masalah atau kondisi yang sudah dijelaskan pada bagian latar belakang.

Manfaat Penelitian

Pada bagian ini, kamu harus menjelaskan manfaat dari penelitian kamu. Manfaat tersebut bisa berupa manfaat akademik maupun praktis. Jelaskan bagaimana hasil penelitian kamu dapat berguna bagi bidang ilmu yang kamu pelajari maupun bagi masyarakat secara umum.

Landasan Teori

Landasan teori adalah bagian yang menjelaskan teori-teori yang digunakan dalam penelitian kamu. Landasan teori harus berkaitan dengan topik skripsi kamu dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Baca juga :  Proposal Skripsi Sampai Bab Berapa

Metode Penelitian

Pada bagian ini, kamu harus menjelaskan mengenai metode penelitian yang kamu gunakan. Metode penelitian harus dipilih berdasarkan tujuan penelitian kamu dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Jelaskan secara detail mengenai langkah-langkah yang kamu lakukan dalam penelitian kamu.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah bagian yang menjelaskan hasil dari penelitian kamu. Hasil tersebut harus dapat menjawab tujuan penelitian kamu. Jelaskan secara rinci mengenai hasil penelitian kamu dan berikan data-data yang mendukung hasil tersebut.

Pembahasan

Pembahasan adalah bagian yang menjelaskan tentang analisis dari hasil penelitian kamu. Jelaskan bagaimana hasil penelitian kamu dapat menjawab masalah atau kondisi yang sudah dijelaskan pada bagian latar belakang. Selain itu, kamu juga dapat membandingkan hasil penelitian kamu dengan penelitian sebelumnya yang sudah dilakukan oleh peneliti lain.

Kesimpulan

Pada bagian kesimpulan, kamu harus menyimpulkan hasil penelitian kamu secara singkat dan jelas. Jangan lupa untuk mengacu pada tujuan penelitian kamu dan memberikan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Sumber:

Demikianlah artikel mengenai struktur latar belakang skripsi. Dengan mengetahui struktur latar belakang skripsi yang benar, kamu dapat menyelesaikan skripsi dengan lebih mudah dan cepat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang menyelesaikan skripsi.

Struktur Latar Belakang Skripsi, 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *