Sistematika Surat Lamaran Kerja Adalah Hal Penting Untuk Diketahui

Sistematika Surat Lamaran Kerja Adalah Hal Penting Untuk Diketahui
10 Surat Lamaran Pekerjaan Resmi ben jobs

Sistematika Surat Lamaran Kerja Adalah

Setiap pelamar kerja pasti ingin membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dapat memikat hati perusahaan yang dituju. Namun, tidak semua orang paham bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang sesuai dengan sistematika yang benar. Padahal, hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mempengaruhi keberhasilan pelamar dalam mendapatkan pekerjaan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai sistematika surat lamaran kerja yang harus diketahui oleh setiap pelamar.

Pengantar

Sebelum membahas lebih jauh mengenai sistematika surat lamaran kerja, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan surat formal yang dibuat oleh seorang pelamar kerja sebagai sarana untuk mengajukan permohonan pekerjaan di suatu perusahaan. Surat ini harus disusun dengan rapi dan sesuai dengan aturan yang berlaku agar dapat menarik perhatian pihak perusahaan.

Sistematika Surat Lamaran Kerja

Setiap surat lamaran kerja harus disusun dengan sistematika yang benar agar dapat mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Berikut ini adalah sistematika surat lamaran kerja yang umum digunakan:

  1. Header
  2. Bagian ini berisikan informasi mengenai data pribadi pelamar seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Letaknya berada di bagian atas sebelah kanan.

    header surat lamaran kerja

  3. Tanggal
  4. Bagian ini berisikan tanggal pembuatan surat lamaran kerja. Letaknya berada di bawah header sebelah kiri.

  5. Perusahaan yang Ditujukan
  6. Bagian ini berisikan informasi mengenai nama perusahaan dan alamat perusahaan yang dituju. Letaknya berada di bawah tanggal sebelah kiri.

  7. Salutation
  8. Bagian ini berisikan kalimat pembuka sebagai penghormatan kepada pihak perusahaan. Kalimat yang umum digunakan adalah “Kepada Yth.” Letaknya berada di bawah perusahaan yang ditujukan.

  9. Paragraf Pembuka
  10. Bagian ini berisikan kalimat pembuka sebagai pengenalan diri dan tujuan melamar kerja. Letaknya berada di bawah salutation.

  11. Paragraf Utama
  12. Bagian ini berisikan penjelasan mengenai pengalaman kerja, kualifikasi, dan kompetensi yang dimiliki oleh pelamar sesuai dengan posisi kerja yang dilamar. Letaknya berada di bawah paragraf pembuka.

  13. Paragraf Penutup
  14. Bagian ini berisikan kalimat penutup sebagai ucapan terima kasih dan harapan untuk dapat diundang ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen. Letaknya berada di bawah paragraf utama.

  15. Complimentary Close
  16. Bagian ini berisikan kalimat penutup sebagai penghormatan kepada pihak perusahaan. Kalimat yang umum digunakan adalah “Hormat Saya”. Letaknya berada di bawah paragraf penutup.

  17. Signature
  18. Bagian ini berisikan tanda tangan pelamar. Letaknya berada di bawah complimentary close.

Baca juga :  Driver Profesional: Cara Membuat Lamaran Kerja Jadi Supir Yang Menarik Tahun 2023

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai sistematika surat lamaran kerja yang harus diketahui oleh setiap pelamar kerja. Dengan memahami sistematika surat lamaran kerja yang benar, diharapkan dapat membantu pelamar dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar serta dapat memikat hati perusahaan yang dituju. Semoga bermanfaat!

Sumber: https://www.unsuri.id/?s=sistematika+surat+lamaran+kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *