Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik Dan Efektif

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik Dan Efektif
6 Surat Lamaran Pekerjaan Yang Benar ben jobs

Sistematika Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan

Pengenalan

Surat lamaran pekerjaan adalah dokumen yang penting dalam mencari pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan menjadi salah satu penentu apakah kamu akan dipanggil untuk interview atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar agar dapat menarik perhatian HRD dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Agar surat lamaran pekerjaanmu terlihat profesional, penting untuk mengikuti struktur yang benar. Struktur yang umum digunakan dalam penulisan surat lamaran pekerjaan terdiri dari:

  • Pembukaan
  • Isi Surat
  • Penutup
  • Tanda Tangan

Pembukaan

Pada bagian pembukaan, kamu perlu mencantumkan informasi yang penting seperti nama perusahaan yang kamu lamar, posisi yang kamu inginkan, dan sumber informasi lowongan pekerjaan. Kamu juga bisa menambahkan kalimat pembuka yang menarik untuk menarik perhatian HRD.

Isi Surat

Bagian isi surat adalah bagian yang paling penting dalam surat lamaran pekerjaanmu. Pada bagian ini, kamu perlu menjelaskan mengapa kamu cocok untuk posisi yang dilamar dan apa yang bisa kamu tawarkan untuk perusahaan. Pada bagian ini, kamu bisa menunjukkan kemampuanmu, pengalaman kerjamu, dan pencapaianmu yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Perhatikan juga tata bahasa dan ejaan yang benar agar suratmu terlihat profesional dan mudah dipahami. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu formal atau terlalu santai agar suratmu terlihat profesional dan sesuai dengan budaya perusahaan.

Penutup

Bagian penutup adalah bagian yang digunakan untuk mengakhiri surat lamaran pekerjaanmu. Pada bagian ini, kamu bisa menyampaikan harapanmu untuk dapat dipanggil untuk interview dan siap untuk memberikan informasi lebih lanjut jika diperlukan.

Baca juga :  Lamaran Kerja Pabrik: Peluang Karir Di Industri Tahun 2023

Tanda Tangan

Pada bagian tanda tangan, kamu perlu mencantumkan nama lengkapmu, nomor telepon, dan alamat email untuk memudahkan perusahaan menghubungimu.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Jika kamu masih bingung bagaimana menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, kamu bisa mencari contoh surat lamaran pekerjaan online. Namun, pastikan kamu tidak menyalin surat tersebut secara keseluruhan. Ubah sedikit informasi dan bahasa yang digunakan agar suratmu terlihat lebih personal.

sistematika penulisan surat lamaran pekerjaan

Kesimpulan

Menulis surat lamaran pekerjaan memang tidak mudah. Namun, dengan memperhatikan struktur yang benar, tata bahasa yang baik, dan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik dan efektif. Ingat, surat lamaran pekerjaan adalah kesempatanmu untuk menunjukkan kemampuan dan pengalamanmu, jangan sia-siakan kesempatan tersebut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *