Sistematika Penulisan Proposal Skripsi

Sistematika Penulisan Proposal Skripsi
Contoh Sistematika Penulisan Proposal Skripsi Dunia Sosial

Sistematika Penulisan Proposal Skripsi

Menjadi seorang mahasiswa yang ingin menyelesaikan pendidikan tinggi, menulis skripsi adalah salah satu tugas akhir yang harus dilakukan. Sebelum memulai menulis skripsi, biasanya mahasiswa harus membuat proposal skripsi terlebih dahulu. Proposal skripsi sendiri merupakan ringkasan dari rencana penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mengetahui bagaimana cara menulis proposal skripsi yang baik dan benar.

Langkah Pertama: Judul

judul tag

Langkah pertama dalam menulis proposal skripsi adalah menentukan judul yang tepat. Judul harus menggambarkan secara jelas topik penelitian yang akan dilakukan. Judul harus singkat, padat, dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, judul juga harus mencantumkan variabel yang akan diteliti.

Langkah Kedua: Pendahuluan

Setelah menentukan judul, langkah kedua adalah menulis pendahuluan. Pendahuluan harus menjelaskan latar belakang dari penelitian yang akan dilakukan. Mahasiswa harus menjelaskan mengapa topik penelitian ini penting untuk diteliti dan bagaimana penelitian ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Langkah Ketiga: Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan langkah ketiga dalam menulis proposal skripsi. Rumusan masalah harus menggambarkan secara jelas masalah yang akan diteliti. Mahasiswa harus menuliskan rumusan masalah dengan singkat dan padat namun tetap menggambarkan masalah yang akan diteliti.

Langkah Keempat: Tujuan dan Manfaat Penelitian

Setelah menuliskan rumusan masalah, langkah keempat adalah menuliskan tujuan dan manfaat penelitian. Mahasiswa harus menjelaskan dengan jelas tujuan dari penelitian yang akan dilakukan dan manfaat yang akan didapatkan dari penelitian tersebut.

Baca juga :  Contoh Proposal Lengkap

Langkah Kelima: Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka merupakan langkah kelima dalam menulis proposal skripsi. Dalam tahap ini, mahasiswa harus melakukan studi literatur untuk mengetahui penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti lain terkait dengan topik penelitian yang akan dilakukan. Mahasiswa harus menuliskan tinjauan pustaka dengan singkat dan padat namun tetap menggambarkan studi literatur yang dilakukan.

Langkah Keenam: Metode Penelitian

Setelah menuliskan tinjauan pustaka, langkah keenam adalah menuliskan metode penelitian. Mahasiswa harus menjelaskan dengan jelas bagaimana penelitian akan dilakukan. Mahasiswa harus menjelaskan jenis penelitian yang digunakan, teknik pengumpulan data yang digunakan, serta teknik analisis data yang digunakan.

Langkah Ketujuh: Jadwal Penelitian

Jadwal penelitian merupakan langkah ketujuh dalam menulis proposal skripsi. Dalam tahap ini, mahasiswa harus merencanakan jadwal penelitian yang akan dilakukan. Mahasiswa harus menuliskan jadwal penelitian dengan jelas dan terperinci.

Langkah Kedelapan: Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan langkah kedelapan dalam menulis proposal skripsi. Dalam tahap ini, mahasiswa harus menyusun daftar pustaka yang digunakan dalam penelitian. Mahasiswa harus menuliskan daftar pustaka dengan benar dan sesuai dengan aturan penulisan daftar pustaka yang digunakan oleh universitas.

Kesimpulan

Dalam menulis proposal skripsi, mahasiswa harus memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan benar. Mahasiswa harus menentukan judul yang tepat, menulis pendahuluan, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian, jadwal penelitian, dan daftar pustaka dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan mengikuti sistematika penulisan yang baik dan benar, mahasiswa dapat menulis proposal skripsi yang berkualitas sehingga dapat memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *