Sidebar Bootstrap 4 – Membuat Tampilan Samping Yang Menarik

Sidebar Bootstrap 4 - Membuat Tampilan Samping Yang Menarik
Nova Bootstrap 4 Sidebar Navigation Free Download Download Nova

Sidebar Bootstrap 4

Apa itu Sidebar Bootstrap 4?

Sidebar Bootstrap 4 adalah salah satu komponen yang disediakan oleh framework CSS Bootstrap 4. Sidebar ini biasanya digunakan untuk menampilkan menu atau navigasi pada halaman web. Dengan menggunakan Sidebar Bootstrap 4, Anda dapat membuat tampilan samping yang menarik dan responsif.

Cara Menggunakan Sidebar Bootstrap 4

Untuk menggunakan Sidebar Bootstrap 4, Anda perlu menambahkan beberapa class pada elemen HTML yang ingin Anda jadikan sebagai sidebar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pada contoh di atas, kita menggunakan class “container-fluid” untuk membuat tampilan menjadi full-width. Kemudian, kita menggunakan class “row” untuk membuat baris. Di dalam baris tersebut, kita menggunakan class “col-md-3” untuk membuat kolom sidebar dengan lebar 3/12 dari lebar keseluruhan. Sedangkan, class “col-md-9” digunakan untuk membuat kolom konten utama dengan lebar 9/12 dari lebar keseluruhan.

Fitur-Fitur Sidebar Bootstrap 4

Sidebar Bootstrap 4 memiliki berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan samping website Anda. Beberapa fitur tersebut antara lain:

  • Icon
  • Navigasi yang responsif
  • Submenu
  • Dropdown menu
  • Footer sidebar

Contoh Penggunaan Sidebar Bootstrap 4

Berikut adalah contoh penggunaan Sidebar Bootstrap 4 untuk membuat tampilan samping yang menarik:

Pada contoh di atas, kita menggunakan class “nav” dan “flex-column” pada elemen “ul” untuk membuat navigasi sidebar yang responsif. Class “nav-item” digunakan untuk mengatur tampilan setiap item menu. Sedangkan, class “dropdown” dan “dropdown-menu” digunakan untuk membuat dropdown menu pada salah satu item menu. Terakhir, class “sidebar-footer” digunakan untuk membuat footer pada sidebar.

Baca juga :  Bootstraping Adalah: Pengertian, Manfaat, Dan Implementasinya

Kelebihan dan Kekurangan Sidebar Bootstrap 4

Sidebar Bootstrap 4 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kelebihan:
    • Responsif dan mudah digunakan
    • Tersedia banyak fitur dan komponen
    • Dapat digunakan dengan mudah pada berbagai jenis proyek
  • Kekurangan:
    • Membutuhkan penyesuaian CSS tambahan untuk mengubah tampilan default
    • Membutuhkan waktu belajar untuk menguasai semua fitur dan komponen yang disediakan

Kesimpulan

Sidebar Bootstrap 4 adalah salah satu fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat tampilan samping yang menarik pada website Anda. Dengan menggunakan class-class yang tersedia, Anda dapat dengan mudah membuat navigasi yang responsif dan fitur-fitur menarik lainnya. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan Sidebar Bootstrap 4 juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

FAQ

  • Apa itu Sidebar Bootstrap 4?

    Sidebar Bootstrap 4 adalah salah satu komponen yang disediakan oleh framework CSS Bootstrap 4. Sidebar ini biasanya digunakan untuk menampilkan menu atau navigasi pada halaman web.

  • Bagaimana cara menggunakan Sidebar Bootstrap 4?

    Anda dapat menggunakan Sidebar Bootstrap 4 dengan menambahkan beberapa class pada elemen HTML yang ingin Anda jadikan sebagai sidebar. Anda dapat mengatur lebar dan tampilan sidebar sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Apa saja fitur-fitur yang dimiliki oleh Sidebar Bootstrap 4?

    Beberapa fitur yang dimiliki oleh Sidebar Bootstrap 4 antara lain icon, navigasi yang responsif, submenu, dropdown menu, dan footer sidebar.

  • Apa kelebihan dan kekurangan dari Sidebar Bootstrap 4?

    Kelebihan dari Sidebar Bootstrap 4 antara lain responsif dan mudah digunakan, tersedia banyak fitur dan komponen, serta dapat digunakan dengan mudah pada berbagai jenis proyek. Sedangkan, kekurangan dari Sidebar Bootstrap 4 antara lain membutuhkan penyesuaian CSS tambahan untuk mengubah tampilan default dan membutuhkan waktu belajar untuk menguasai semua fitur dan komponen yang disediakan.

Baca juga :  Cara Membuat Web Menggunakan Bootstrap

Sidebar Bootstrap 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *