10 Karakteristik Surat Lamaran Pekerjaan Yang Tepat Dan Menarik

10 Karakteristik Surat Lamaran Pekerjaan Yang Tepat Dan Menarik
Sebutkan Struktur Surat Lamaran Pekerjaan kabarmedia.github.io

Sebutkan Karakteristik Surat Lamaran Pekerjaan

Pendahuluan

Menjadi seorang pencari kerja bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki kualifikasi yang memadai, kamu juga perlu menunjukkan kemampuanmu dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik. Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan, karena surat ini akan menjadi representasi dirimu kepada perusahaan yang akan kamu lamar. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa surat lamaran pekerjaanmu memiliki karakteristik yang tepat agar dapat meningkatkan peluangmu untuk diterima di perusahaan yang kamu inginkan.

1. Format yang Jelas dan Rapi

10 Karakteristik Surat Lamaran Pekerjaan Yang Tepat Dan Menarik

Salah satu karakteristik surat lamaran pekerjaan yang penting adalah format yang jelas dan rapi. Pastikan surat lamaranmu memiliki format yang mudah dibaca dan dipahami oleh pihak perusahaan. Gunakan font yang standar, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran font antara 10-12.

2. Menggunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Pastikan surat lamaranmu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu informal. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional, namun tetap mudah dipahami oleh pihak perusahaan.

3. Menunjukkan Pengetahuan tentang Perusahaan

Salah satu cara untuk membuat surat lamaran pekerjaanmu menarik adalah dengan menunjukkan pengetahuanmu tentang perusahaan. Lakukan riset tentang perusahaan tersebut dan sebutkan beberapa hal penting yang menarik perhatianmu. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu serius dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

Baca juga :  10 Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Staff Administrasi Yang Menarik

4. Menonjolkan Kualifikasi dan Pengalaman Kerja

Surat lamaran pekerjaanmu harus dapat menonjolkan kualifikasi dan pengalaman kerjamu. Sebutkan dengan jelas kualifikasi dan pengalaman kerjamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk menonjolkan prestasi-prestasimu yang relevan dengan posisi tersebut.

5. Tidak Terlalu Panjang atau Terlalu Pendek

Panjang atau pendeknya surat lamaran pekerjaanmu juga menjadi salah satu karakteristik yang penting. Pastikan surat lamaranmu tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Usahakan untuk menulis surat lamaranmu dalam 1 halaman, namun tidak lebih dari 2 halaman. Hal ini akan membuat surat lamaranmu mudah dibaca dan dipahami oleh pihak perusahaan.

6. Memiliki Struktur yang Jelas

Surat lamaran pekerjaanmu harus memiliki struktur yang jelas. Gunakan paragraf yang singkat dan mudah dipahami. Pastikan setiap paragrafmu memiliki ide pokok yang jelas dan terorganisir dengan baik.

7. Menunjukkan Motivasi yang Kuat

Surat lamaran pekerjaanmu harus dapat menunjukkan motivasimu yang kuat dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Jangan hanya menulis bahwa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut, namun sebutkan juga alasan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi untuk perusahaan tersebut.

8. Tidak Mengandung Kesalahan Tata Bahasa dan Ejaan

Salah satu hal yang sangat penting dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah tata bahasa dan ejaan yang benar. Pastikan surat lamaranmu tidak mengandung kesalahan tata bahasa dan ejaan. Periksa kembali surat lamaranmu sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang kamu lamar.

9. Menggunakan Kalimat yang Menarik dan Bersifat Aktif

Surat lamaran pekerjaanmu harus menggunakan kalimat yang menarik dan bersifat aktif. Gunakan kalimat yang dapat menunjukkan kemampuanmu dan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi untuk perusahaan tersebut. Hindari kalimat yang pasif dan terlalu umum.

Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Kerja Di Indomaret Yang Menarik Dan Profesional

10. Menyertakan Kontak yang Mudah Dihubungi

Terakhir, pastikan surat lamaran pekerjaanmu menyertakan kontak yang mudah dihubungi oleh pihak perusahaan. Sertakan alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi dengan mudah. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungimu jika kamu terpilih untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut.

Kesimpulan

Dalam mencari pekerjaan, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting yang harus kamu siapkan dengan baik. Surat lamaran pekerjaanmu harus memiliki karakteristik yang tepat agar dapat meningkatkan peluangmu untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar. Karakteristik surat lamaran pekerjaan yang tepat antara lain adalah format yang jelas dan rapi, menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, menunjukkan pengetahuan tentang perusahaan, menonjolkan kualifikasi dan pengalaman kerja, tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, memiliki struktur yang jelas, menunjukkan motivasi yang kuat, tidak mengandung kesalahan tata bahasa dan ejaan, menggunakan kalimat yang menarik dan bersifat aktif, dan menyertakan kontak yang mudah dihubungi. Dengan memperhatikan karakteristik-karakteristik tersebut, kamu dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik sehingga dapat meningkatkan peluangmu untuk diterima di perusahaan yang kamu inginkan.

Sumber: Unsuri.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *