Dua Peristiwa Penting Yang Mendorong Lahirnya Sosiologi Dunia

Dua Peristiwa Penting Yang Mendorong Lahirnya Sosiologi Dunia

Dua Peristiwa Penting yang Mendorong Lahirnya Sosiologi Dunia

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan perilaku manusia dalam masyarakat. Ilmu ini memiliki sejarah panjang yang berkembang seiring dengan perubahan sosial di dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi dunia.

Peristiwa Revolusi Industri

Salah satu peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi adalah Revolusi Industri. Revolusi Industri yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19 mengubah masyarakat secara drastis. Perubahan dari sistem produksi manual menjadi mesin-mesin telah mengubah tatanan sosial, ekonomi, dan politik. Para sosiolog seperti Karl Marx dan Emile Durkheim tertarik untuk mempelajari dampak sosial dari revolusi ini.

Revolusi Industri

Karl Marx memandang revolusi industri sebagai konflik antara kelas buruh dan pemilik modal. Dia meneliti eksploitasi dan alienasi yang dialami oleh buruh di bawah sistem kapitalisme. Sementara itu, Emile Durkheim melihat perubahan sosial yang terjadi akibat revolusi industri sebagai penyebab meningkatnya anomie, yaitu kehilangan norma dan nilai-nilai yang mengikat individu dalam masyarakat.

Peristiwa Perang Dunia II

Perang Dunia II juga merupakan peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi dunia. Perang ini menyebabkan kerusakan besar-besaran dan mengubah kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Sosiolog seperti Max Weber dan Talcott Parsons tertarik untuk mempelajari efek sosial yang ditimbulkan oleh perang ini.

Perang Dunia II

Max Weber mempelajari tentang birokrasi dan otoritas yang muncul setelah perang. Ia melihat bagaimana perang telah mengubah struktur sosial dan mempengaruhi cara orang berinteraksi. Talcott Parsons, seorang sosiolog fungsionalis, mengembangkan teori aksi dan sistem sosial yang berfokus pada peran dan fungsi sosial dalam masyarakat pasca-perang.

Baca juga :  Alat Yang Menggunakan Prinsip Tuas Jenis Kedua Adalah...

FAQ

  • Apa yang dimaksud dengan Revolusi Industri?
    Revolusi Industri adalah perubahan besar-besaran dalam produksi dan manufaktur yang terjadi pada abad ke-18 dan ke-19. Revolusi ini ditandai dengan pengenalan mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi.
  • Apa yang dimaksud dengan Perang Dunia II?
    Perang Dunia II adalah konflik global yang terjadi antara tahun 1939 hingga 1945. Perang ini melibatkan sebagian besar negara di dunia dan menjadi perang terbesar dalam sejarah.

Secara kesimpulan, Revolusi Industri dan Perang Dunia II adalah dua peristiwa penting yang mendorong lahirnya sosiologi dunia. Kedua peristiwa ini membawa perubahan sosial yang signifikan dan menarik minat para sosiolog untuk mempelajari dampaknya dalam masyarakat. Revolusi Industri mengubah sistem produksi dan memberikan kontribusi pada perkembangan teori-teori konflik dan fungsionalisme. Sementara itu, Perang Dunia II memberikan pemahaman tentang perubahan sosial pasca-perang dan memunculkan teori aksi yang berfokus pada interaksi sosial. Dengan memahami peristiwa-peristiwa penting ini, kita dapat memahami perkembangan sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat dan perilaku manusia di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *