Perbedaan Tesis Dan Skripsi

Perbedaan Tesis Dan Skripsi
Metode Penelitian Kualitatif Skripsi Dunia Sosial

Perbedaan Tesis dan Skripsi

Pendahuluan

Saat ini, banyak mahasiswa yang harus menyelesaikan tugas akhir sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana maupun magister. Tugas akhir tersebut dapat berupa skripsi atau tesis, namun masih banyak yang belum memahami perbedaan antara keduanya. Pada artikel ini, akan dijelaskan secara detail mengenai perbedaan tesis dan skripsi.

Pengertian Skripsi

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa program sarjana. Tujuan dari skripsi adalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau masalah tertentu dalam suatu disiplin ilmu. Skripsi biasanya ditulis dalam bentuk naskah akademik yang terdiri dari beberapa bab, seperti bab pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Skripsi dapat menjadi salah satu referensi bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau bagi mereka yang ingin berkarir di bidang akademik.

Gambar Skripsi

Pengertian Tesis

Tesis merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa program magister atau pascasarjana. Tujuan dari tesis adalah untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau masalah tertentu dalam suatu disiplin ilmu. Tesis biasanya dibuat berdasarkan penelitian yang mendalam dan terdiri dari beberapa bab, seperti bab pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.

Tesis dapat menjadi salah satu referensi bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau bagi mereka yang ingin berkarir di bidang akademik.

Gambar Tesis

Perbedaan Skripsi dan Tesis

1. Jenjang Pendidikan

Skripsi ditulis oleh mahasiswa program sarjana, sedangkan tesis ditulis oleh mahasiswa program magister atau pascasarjana.

Baca juga :  Membuat Proposal Skripsi

2. Lingkup Penelitian

Skripsi biasanya memiliki lingkup penelitian yang lebih sempit dibandingkan dengan tesis. Skripsi lebih fokus pada penyelesaian masalah atau permasalahan tertentu di dalam suatu disiplin ilmu, sedangkan tesis lebih bersifat eksploratif dan menghasilkan kontribusi baru di dalam suatu disiplin ilmu.

3. Kedalaman Materi

Tesis memiliki kedalaman materi yang lebih dalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis biasanya membutuhkan penelitian yang lebih mendalam dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya. Sedangkan skripsi biasanya dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

4. Kebutuhan Penerbitan

Tesis seringkali dipublikasikan melalui jurnal ilmiah atau seminar ilmiah, sedangkan skripsi tidak. Hal ini dikarenakan tesis memiliki kontribusi yang lebih besar di dalam suatu disiplin ilmu.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa skripsi dan tesis memiliki perbedaan dalam beberapa hal, seperti jenjang pendidikan, lingkup penelitian, kedalaman materi, dan kebutuhan penerbitan. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menyelesaikan suatu permasalahan atau masalah tertentu di dalam suatu disiplin ilmu.

Sumber

Copyright © 2023

Keyword: tesis, skripsi, perbedaan tesis dan skripsi, program sarjana, program magister, tujuan skripsi, tujuan tesis, lingkup penelitian, kedalaman materi, publikasi tesis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *