10 Tips Membuat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik

10 Tips Membuat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik
Contoh Kalimat Pembuka Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan Lowongan

10 Tips Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

1. Kenali Perusahaan dengan Baik

Sebelum menulis surat lamaran kerja, ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam tentang perusahaan tersebut. Cari tahu misi, visi, dan nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan tersebut. Hal ini akan membantumu dalam menuliskan surat lamaran yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Ramah

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja haruslah sopan dan ramah. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal dan kaku. Perhatikan tata bahasa dan pengejaan kata dengan seksama agar terlihat profesional.

3. Sampaikan Pengetahuan dan Keahlian yang Dimiliki

Jangan lupa untuk menyampaikan pengetahuan dan keahlian yang kamu miliki dalam surat lamaran kerja. Jelaskan dengan singkat dan jelas mengenai pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

10 Tips Membuat Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik

4. Tunjukkan Motivasi dan Kepedulian Terhadap Perusahaan

Tunjukkan motivasi dan kepedulianmu terhadap perusahaan dalam surat lamaran kerja. Ceritakan mengenai alasan kamu tertarik bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Contoh:

“Saya tertarik untuk bergabung dengan Tim Marketing di perusahaan ini karena saya sangat mengagumi strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Saya yakin dengan keahlian dan pengalaman yang saya miliki, saya dapat membantu perusahaan mencapai target penjualan yang lebih tinggi.”

Baca juga :  5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Lulusan Smk Tahun 2023 Yang Memukau Pemberi Kerja

5. Sertakan Informasi Kontak yang Jelas

Pastikan kamu mencantumkan informasi kontak yang jelas seperti nomor telepon dan email. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menghubungi kamu jika kamu dipilih untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

6. Jangan Lupa Menyebutkan Lampiran

Jika kamu melampirkan dokumen seperti CV dan sertifikat pendidikan, jangan lupa untuk menyebutkannya dalam surat lamaran kerja. Sertakan juga jumlah lampiran yang kamu kirimkan.

7. Hindari Kesalahan Penulisan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan kamu membacanya kembali dan memperhatikan kesalahan penulisan yang mungkin terjadi. Hindari penggunaan kata-kata yang ambigu dan pastikan semua informasi yang kamu sampaikan telah benar.

8. Buat Surat Lamaran yang Unik dan Personal

Hindari menyalin surat lamaran kerja dari contoh surat lamaran kerja yang telah banyak beredar di internet. Buatlah surat lamaran yang unik dan personal sesuai dengan kepribadianmu sendiri.

9. Sampaikan Pesan Penutup yang Positif

Sebelum menutup surat lamaran kerja, sampaikan pesan penutup yang positif. Ucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang diberikan dan sampaikan harapanmu untuk dapat bertemu dengan perusahaan dan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengalaman dan keahlian yang kamu miliki.

Contoh:

“Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Saya berharap dapat bertemu dengan perusahaan dan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengalaman dan keahlian yang saya miliki.”

10. Periksa Kembali Surat Lamaran sebelum Dikirimkan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan kamu telah memeriksanya kembali. Periksa kesalahan penulisan, format, dan informasi yang disampaikan untuk memastikan surat lamaran kerja yang kamu kirimkan terlihat profesional dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *