php  

Membuat Qr Code Scanner Dengan Php

Membuat Qr Code Scanner Dengan Php
Source Code Absensi Siswa berbasis scan QR Code dengan Web Cam PHP dan

Pendahuluan

QR code (Quick Response Code) adalah jenis kode matriks atau barcode dua dimensi yang dapat menyimpan informasi dalam bentuk teks atau URL. Dalam artikel ini, kita akan belajar bagaimana membuat QR code scanner menggunakan bahasa pemrograman PHP. QR code scanner ini akan menggunakan library PHP QR Code Generator untuk membuat dan membaca QR code.

QR Code

Langkah 1: Menginstalasi library PHP QR Code Generator

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menginstalasi library PHP QR Code Generator. Library ini dapat diunduh dari situs resminya atau melalui composer. Setelah menginstalasi library, kita perlu mengimpor file QRCode.php ke dalam kode PHP kita.

 require_once 'path/to/QRCode.php'; 

Langkah 2: Membuat QR Code

Setelah mengimpor file QRCode.php, kita dapat membuat QR code dengan menggunakan fungsi QRCode::png(). Fungsi ini menerima parameter teks atau URL yang akan disimpan dalam QR code, serta nama file untuk menyimpan QR code tersebut.

 QRCode::png('https://www.example.com', 'qr_code.png'); 

Dalam contoh di atas, kita membuat QR code yang akan mengarahkan pengguna ke https://www.example.com. QR code akan disimpan dalam file qr_code.png.

Langkah 3: Membaca QR Code

Setelah kita berhasil membuat QR code, kita juga perlu bisa membacanya. Untuk membaca QR code, kita dapat menggunakan library PHP QR Code Generator dengan memanggil fungsi QRCode::decode(). Fungsi ini menerima parameter berupa path file QR code yang akan dibaca.

 $result = QRCode::decode('qr_code.png'); echo $result; 

Dalam contoh di atas, kita membaca QR code yang tersimpan dalam file qr_code.png dan hasilnya akan ditampilkan di layar.

Baca juga :  Membuat Api Dengan Php: Panduan Lengkap Untuk Pemula

FAQ

  • Bagaimana cara menginstalasi library PHP QR Code Generator?
    Anda dapat menginstalasi library ini melalui composer dengan menjalankan perintah composer require chillerlan/php-qrcode.
  • Apakah library PHP QR Code Generator gratis?
    Ya, library ini tersedia dengan lisensi MIT dan dapat digunakan secara gratis.
  • Bagaimana cara mengimpor file QRCode.php?
    Anda dapat mengimpor file QRCode.php dengan menggunakan perintah require_once 'path/to/QRCode.php';.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah belajar bagaimana membuat QR code scanner menggunakan PHP. Kita menggunakan library PHP QR Code Generator untuk membuat dan membaca QR code. Dengan QR code scanner ini, kita dapat dengan mudah membuat dan membaca QR code dalam aplikasi web kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *