php  

Membuat Pilihan Kota Otomatis Menggunakan Php

Membuat Pilihan Kota Otomatis Menggunakan Php
Membuat Menu Pilihan Di Excel IMAGESEE

Pengenalan

Sebagai seorang programmer, seringkali kita perlu membuat pilihan kota otomatis dalam aplikasi yang kita buat. Misalnya, ketika pengguna mengisi formulir alamat, kita ingin memberikan pilihan kota yang sesuai dengan input yang diberikan. Dalam artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat pilihan kota otomatis menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Langkah 1: Membuat Database Kota

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat database kota. Kita dapat menggunakan database MySQL untuk ini. Buatlah tabel dengan nama “kota” dan kolom-kolom berikut: “id”, “nama_kota”, “provinsi”. Isi tabel ini dengan data kota-kota yang ingin kita tampilkan dalam pilihan.

CREATE TABLE kota ( id INT PRIMARY KEY AUTO_INCREMENT, nama_kota VARCHAR(255), provinsi VARCHAR(255) ); INSERT INTO kota (nama_kota, provinsi) VALUES ('Jakarta', 'DKI Jakarta'), ('Bandung', 'Jawa Barat'), ('Surabaya', 'Jawa Timur'), ('Medan', 'Sumatera Utara'), ('Makassar', 'Sulawesi Selatan'); 

Langkah 2: Membuat Formulir

Setelah membuat database kota, langkah selanjutnya adalah membuat formulir yang akan digunakan untuk menginputkan alamat. Buatlah file PHP dengan nama “formulir.php” dan tambahkan kode berikut:

Pada kode di atas, kita menggunakan tag HTML