php  

Membuat Laporan Excel Dengan Php Dan Jquery

Membuat Laporan Excel Dengan Php Dan Jquery
Membuat Laporan Excel Dengan PHP PDF

Pengenalan

Laporan Excel adalah salah satu bentuk laporan yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Dengan menggunakan laporan Excel, kita dapat menyajikan data secara terstruktur dan mudah dibaca. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat laporan Excel dengan menggunakan PHP dan jQuery.

Apa itu PHP?

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Dalam konteks pembuatan laporan Excel, PHP berperan sebagai bahasa pemrograman server-side yang digunakan untuk mengambil data dari database dan menghasilkan file Excel.

Gambar PHP

Apa itu jQuery?

jQuery adalah library JavaScript yang dapat membantu memanipulasi dan memanajemen HTML, CSS, dan event pada website. Dalam pembuatan laporan Excel, jQuery digunakan untuk memanipulasi tampilan dan interaksi pengguna pada halaman web.

Cara Membuat Laporan Excel dengan PHP dan jQuery

Langkah pertama dalam pembuatan laporan Excel adalah mengambil data dari database menggunakan PHP. Kita dapat menggunakan library seperti PDO atau mysqli untuk terhubung dengan database dan mengambil data yang diperlukan.

query($query); $data = $result->fetchAll(PDO::FETCH_ASSOC); ?>

Setelah data berhasil diambil, langkah selanjutnya adalah membuat file Excel menggunakan library PHPExcel. Library ini menyediakan berbagai fungsi untuk membuat file Excel dengan mudah.

getActiveSheet()->setCellValue('A1', 'Nama'); $objPHPExcel->getActiveSheet()->setCellValue('B1', 'Email'); $row = 2; foreach ($data as $item) { $objPHPExcel->getActiveSheet()->setCellValue('A' . $row, $item['nama']); $objPHPExcel->getActiveSheet()->setCellValue('B' . $row, $item['email']); $row++; } $objWriter = new PHPExcel_Writer_Excel2007($objPHPExcel); $objWriter->save('laporan.xlsx'); ?>

Setelah file Excel berhasil dibuat, kita dapat menampilkan file tersebut pada halaman web menggunakan jQuery. Kita dapat menggunakan fungsi AJAX untuk mengambil file Excel dari server dan menampilkannya pada halaman web.

 $.ajax({ url: 'laporan.xlsx', type: 'GET', dataType: 'blob', success: function(response) { var fileUrl = URL.createObjectURL(response); var link = document.createElement('a'); link.href = fileUrl; link.download ='laporan.xlsx'; link.click(); } }); 

FAQ

  • Bagaimana cara menghubungkan PHP dengan database?
    Anda dapat menggunakan library seperti PDO atau mysqli untuk menghubungkan PHP dengan database. Contoh kode dapat dilihat pada langkah pertama di atas.
  • Apa itu library PHPExcel?
    PHPExcel adalah library PHP yang digunakan untuk membuat file Excel. Library ini menyediakan berbagai fungsi untuk membuat, mengedit, dan membaca file Excel.
  • Apakah PHPExcel gratis?
    Ya, PHPExcel merupakan library open source yang dapat digunakan secara gratis.

Kesimpulan

Membuat laporan Excel dengan PHP dan jQuery dapat mempermudah dalam menyajikan data secara terstruktur dan mudah dibaca. Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah dalam pembuatan laporan Excel menggunakan PHP dan jQuery. Dengan memahami konsep dasar dan menggunakan library-library yang tepat, kita dapat membuat laporan Excel dengan mudah dan efisien.

Baca juga :  Membuat Web Ujian Online Dengan Php Dan Mysql

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *