php  

Cara Membuat Cms Sendiri Dengan Php

Cara Membuat Cms Sendiri Dengan Php
Cara Membuat Blog Dengan Cms Kumpulan Tips

Pendahuluan

CMS (Content Management System) adalah sistem yang digunakan untuk mengelola konten pada sebuah website. Dengan menggunakan CMS, pemilik website dapat dengan mudah mengupdate dan mengatur konten tanpa harus memiliki pengetahuan dalam pemrograman. Banyak CMS populer seperti WordPress, Joomla, dan Drupal yang telah digunakan oleh banyak orang.

Namun, ada kalanya kita ingin membuat CMS sendiri dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat CMS sederhana menggunakan PHP.

Langkah 1: Membuat Database

Langkah pertama dalam membuat CMS adalah membuat database untuk menyimpan konten website. Anda dapat menggunakan software seperti phpMyAdmin atau MySQL Workbench untuk membuat database baru. Setelah membuat database, buat tabel dengan kolom-kolom yang diperlukan untuk menyimpan konten seperti judul, isi, dan tanggal.

 CREATE TABLE posts ( id INT(11) UNSIGNED AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY, title VARCHAR(255), content TEXT, date_published DATETIME ); 

Langkah 2: Membuat Koneksi ke Database

Setelah membuat database, selanjutnya adalah membuat koneksi antara PHP dan database. Anda dapat menggunakan fungsi mysqli_connect() untuk melakukan koneksi ke database.

 $host ="localhost"; $username ="root"; $password =""; $database ="nama_database"; $conn = mysqli_connect($host, $username, $password, $database); if (!$conn) { die("Koneksi gagal: " . mysqli_connect_error()); } 

Langkah 3: Membuat Halaman Utama

Halaman utama merupakan halaman yang menampilkan daftar konten yang telah diinput. Anda dapat menggunakan query SELECT untuk mengambil data dari database dan menampilkannya dalam bentuk list.

 $query ="SELECT * FROM posts"; $result = mysqli_query($conn, $query); if (mysqli_num_rows($result) > 0) { echo ""; } else { echo "Tidak ada konten."; } 

Langkah 4: Membuat Halaman Detail

Halaman detail merupakan halaman yang menampilkan konten secara lengkap. Anda dapat menggunakan query SELECT dengan WHERE clause untuk mengambil data konten berdasarkan ID yang dikirim melalui URL.

 $id = $_GET['id']; $query ="SELECT * FROM posts WHERE id = $id"; $result = mysqli_query($conn, $query); if (mysqli_num_rows($result) > 0) { $row = mysqli_fetch_assoc($result); echo "

" . $row['title'] . "

"; echo "

" . $row['content'] . "

"; echo "

Tanggal publikasi: " . $row['date_published'] . "

"; } else { echo "Konten tidak ditemukan."; }

Langkah 5: Membuat Form Input Konten

Terakhir, kita perlu membuat form yang digunakan untuk menginput konten baru ke dalam database. Form ini akan mengirimkan data ke halaman insert.php untuk diproses.



Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas langkah-langkah untuk membuat CMS sederhana menggunakan PHP. Dari membuat database, koneksi ke database, hingga membuat halaman-halaman utama, detail, dan form input konten. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat CMS sendiri yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga :  Cara Membuat Lampion: Panduan Lengkap

FAQ

  • Apakah CMS penting untuk sebuah website?

    Ya, CMS sangat penting karena memudahkan pemilik website dalam mengelola konten tanpa harus memiliki pengetahuan dalam pemrograman.

  • Apakah kita harus membuat CMS sendiri jika sudah ada CMS populer seperti WordPress?

    Tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki kebutuhan khusus yang tidak dapat dipenuhi oleh CMS populer, maka membuat CMS sendiri bisa menjadi pilihan yang baik.

  • Apakah CMS yang kita buat sudah aman?

    Secara default, CMS yang kita buat belum aman. Namun, Anda dapat mengimplementasikan fitur-fitur keamanan seperti validasi input dan sanitasi data untuk meningkatkan keamanan CMS yang Anda buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *