Perbandingan Unsur Kebahasaan Pada Surat Lamaran Pekerjaan 1 Dan 2 Di Tahun 2023

Perbandingan Unsur Kebahasaan Pada Surat Lamaran Pekerjaan 1 Dan 2 Di Tahun 2023
Unsur Unsur Surat Lamaran Pekerjaan Unsur Unsur Kebahasaan Surat

Membandingkan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan 1 dan 2

Surat Lamaran Pekerjaan 1

Surat Lamaran Pekerjaan

Pada tahun 2023, surat lamaran pekerjaan masih menjadi salah satu syarat penting dalam proses rekrutmen di perusahaan. Surat lamaran yang baik harus memenuhi unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks. Dalam surat lamaran pekerjaan 1 yang kami analisis, ditemukan beberapa unsur kebahasaan yang kurang sesuai dan perlu perbaikan.

Penggunaan Bahasa yang Tidak Formal

Pada surat lamaran pekerjaan 1, terdapat penggunaan bahasa yang kurang formal seperti penggunaan kata “gue” dan “lu” dalam kalimat. Selain itu, penggunaan bahasa yang kurang formal juga terlihat dari penggunaan bahasa yang terlalu akrab dan kurang sopan dalam menyampaikan informasi.

Kalimat yang Terlalu Panjang dan Rumit

Terdapat beberapa kalimat pada surat lamaran pekerjaan 1 yang terlalu panjang dan rumit sehingga sulit dipahami. Hal ini dapat membuat pembaca menjadi bosan dan tidak tertarik untuk membaca seluruh surat lamaran tersebut.

Surat Lamaran Pekerjaan 2

Surat Lamaran Pekerjaan

Berbeda dengan surat lamaran pekerjaan 1, pada surat lamaran pekerjaan 2 terdapat beberapa unsur kebahasaan yang memenuhi kriteria yang baik dan benar. Beberapa unsur tersebut antara lain:

Penggunaan Bahasa yang Formal

Pada surat lamaran pekerjaan 2, penggunaan bahasa yang formal terlihat dari penggunaan kata “saya” dan “anda” dalam kalimat. Hal ini menunjukkan bahwa penulis surat lamaran pekerjaan 2 memahami betul tentang etika dan sopan santun dalam berbahasa.

Kalimat yang Singkat dan Jelas

Pada surat lamaran pekerjaan 2, kalimat yang sederhana, singkat dan jelas membuat pembaca lebih mudah memahami isi dari surat tersebut. Selain itu, penggunaan kalimat yang sederhana dan jelas juga membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca seluruh surat lamaran tersebut.

Baca juga :  Foto Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Menarik Perhatian Hrd

Kesimpulan

Dari perbandingan unsur kebahasaan pada surat lamaran pekerjaan 1 dan 2 di tahun 2023, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa yang formal dan kalimat yang singkat dan jelas sangat diperlukan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan yang baik. Dengan demikian, para pelamar kerja di tahun 2023 harus lebih memperhatikan unsur kebahasaan pada surat lamaran pekerjaan mereka agar dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima di perusahaan impian mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *