Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12: Persiapan Menuju Dunia Kerja

Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12: Persiapan Menuju Dunia Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Kelas 12 Pendukung Ilmu

Materi Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12

Kenapa Harus Mempersiapkan Surat Lamaran Pekerjaan Sejak Kelas 12?

Masuk ke dunia kerja bukanlah perkara mudah. Saat ini, persaingan di dunia kerja semakin ketat dan menuntut kualifikasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sudah selayaknya jika siswa kelas 12 mulai mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah menulis surat lamaran pekerjaan.

Surat lamaran pekerjaan merupakan dokumen penting yang harus disiapkan ketika ingin melamar pekerjaan. Surat ini berisi informasi tentang diri kita, kualifikasi yang dimiliki, dan alasan mengapa kita layak diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan mempersiapkan surat lamaran pekerjaan sejak kelas 12, siswa akan memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki kemampuan menulisnya, mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang ingin dilamar, dan memperkuat kualifikasi yang dimiliki agar lebih kompetitif di dunia kerja.

Komponen Utama Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan terdiri dari beberapa komponen utama seperti:

  • Header (nama, alamat, nomor telepon, dan email)
  • Tanggal penulisan
  • Nama perusahaan yang dituju
  • Alamat perusahaan
  • Paragraf pembuka
  • Paragraf isi (kualifikasi, pengalaman, dll.)
  • Paragraf penutup (mengapa kita layak diterima bekerja di perusahaan tersebut)
  • Tanda tangan dan nama lengkap

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Sederhana

Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan sederhana:

Surat Lamaran Pekerjaan Kelas 12: Persiapan Menuju Dunia Kerja

Jakarta, 1 Januari 2023

Kepada Yth,

HRD PT ABC

Jl. Raya Sudirman No. 123

Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya bermaksud melamar pekerjaan di PT ABC sebagai Marketing Executive.

Baca juga :  10 Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Menarik

Saya adalah lulusan SMA X yang memiliki keahlian di bidang pemasaran dan telah mengikuti pelatihan digital marketing selama 6 bulan. Saya juga memiliki pengalaman sebagai marketing di perusahaan XYZ selama 1 tahun.

Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan memperkuat citra perusahaan melalui pemasaran yang tepat sasaran. Saya senang dapat bergabung dengan tim PT ABC dan siap bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama.

Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya harap mendapat kesempatan wawancara untuk membuktikan kualifikasi yang saya miliki.

Hormat saya,

John Doe

Kesimpulan

Memasuki dunia kerja bukanlah perkara mudah. Salah satu persiapan yang harus dilakukan sejak dini adalah menulis surat lamaran pekerjaan. Surat ini merupakan dokumen penting yang harus disiapkan dengan baik agar mendapatkan kesempatan wawancara dan diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan.

Dengan mempersiapkan diri sejak kelas 12, siswa akan memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki kemampuan menulisnya, mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang ingin dilamar, dan memperkuat kualifikasi yang dimiliki agar lebih kompetitif di dunia kerja.

Sebagai siswa kelas 12, persiapan menuju dunia kerja harus dilakukan secara serius dan konsisten. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan akan semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *