Landasan Teori Skripsi

Landasan Teori Skripsi
Bab 2 Landasan Teori PDF

Landasan Teori Skripsi

Menulis skripsi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa sebagai syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Salah satu bagian penting dari skripsi adalah landasan teori. Pada artikel ini, akan dibahas tentang apa itu landasan teori dan bagaimana cara menulisnya.

Apa itu Landasan Teori?

Landasan teori adalah bagian dari skripsi yang berisi tentang teori-teori yang menjadi dasar penulisan. Teori-teori tersebut harus relevan dengan topik skripsi dan dapat mendukung penelitian yang dilakukan. Dalam landasan teori, mahasiswa harus mampu menjelaskan secara lengkap tentang teori-teori yang digunakan dan bagaimana penerapannya dalam penelitian yang dilakukan.

Mengapa Landasan Teori Penting?

Landasan teori sangat penting dalam penulisan skripsi karena dapat memberikan dasar yang kuat dalam melakukan penelitian. Dengan adanya landasan teori, mahasiswa dapat memperlihatkan bahwa penelitian yang dilakukan tidak hanya dilakukan secara asal-asalan, melainkan sudah berdasarkan pada teori-teori yang diakui dalam bidang ilmu terkait. Selain itu, landasan teori juga dapat membantu mahasiswa dalam mengidentifikasi permasalahan yang akan diteliti dan menentukan metode penelitian yang tepat.

Cara Menulis Landasan Teori

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menulis landasan teori. Pertama, mahasiswa harus melakukan pencarian informasi melalui sumber-sumber yang terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku, atau artikel terkait. Setelah itu, mahasiswa harus membaca dan memahami teori-teori yang digunakan. Jika ada istilah atau konsep yang sulit dipahami, mahasiswa harus mencari tahu dan memperdalam pemahamannya.

Landasan Teori

Setelah memahami teori-teori yang digunakan, mahasiswa harus menyusun landasan teori secara sistematis. Landasan teori harus dimulai dengan pengenalan tentang topik yang akan diteliti dan kemudian diteruskan dengan pembahasan tentang teori-teori yang relevan dengan topik tersebut. Mahasiswa juga harus mampu menjelaskan bagaimana teori-teori tersebut dapat mendukung penelitian yang dilakukan.

Baca juga :  Minimal Halaman Skripsi

Contoh Landasan Teori

Sebagai contoh, jika mahasiswa melakukan penelitian tentang pengaruh pemanfaatan teknologi terhadap kinerja pegawai, maka landasan teori yang digunakan dapat berisi tentang teori kinerja pegawai, teori pemanfaatan teknologi, dan teori pengaruh teknologi terhadap kinerja pegawai. Mahasiswa harus mampu menjelaskan secara lengkap tentang teori-teori tersebut dan bagaimana penerapannya dalam penelitian yang dilakukan.

Kesimpulan

Landasan teori merupakan bagian penting dari skripsi yang dapat memberikan dasar yang kuat dalam melakukan penelitian. Mahasiswa harus mampu memahami teori-teori yang digunakan dan menyusun landasan teori secara sistematis. Dengan melakukan hal tersebut, mahasiswa dapat menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan sudah berdasarkan pada teori-teori yang diakui dalam bidang ilmu terkait.

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *