Iklan Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris: Tips Dan Trik 2023

Iklan Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris: Tips Dan Trik 2023
Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris Beserta Surat

Iklan Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris

Pengantar

Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar merupakan hal yang penting dalam dunia kerja. Terutama bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan multinasional atau ingin bekerja di luar negeri. Salah satu tahapan penting dalam melamar pekerjaan adalah menyusun surat lamaran dengan bahasa Inggris yang baik dan benar. Apakah kamu sedang mencari contoh surat lamaran bahasa Inggris yang tepat? Berikut adalah tips dan trik dalam menyusun surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan pada tahun 2023.

1. Pilih Gaya Surat Lamaran yang Tepat

Tips pertama dalam menyusun surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris adalah memilih gaya surat yang tepat. Ada dua jenis surat lamaran yang umum digunakan, yaitu surat lamaran langsung (direct application letter) dan surat lamaran melalui iklan lowongan kerja (application letter for advertised job). Surat lamaran langsung digunakan jika kamu ingin melamar pekerjaan tanpa menunggu adanya lowongan kerja yang terbuka. Sedangkan surat lamaran melalui iklan lowongan kerja digunakan jika perusahaan tersebut telah mengumumkan adanya lowongan kerja.

2. Perhatikan Format Surat Lamaran

Format surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris perlu diperhatikan agar surat lamaran terlihat profesional dan mudah dibaca. Format surat lamaran umumnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian pembuka, isi surat, dan penutup. Bagian pembuka berisi tentang tujuan kamu dalam menulis surat lamaran. Isi surat berisi tentang kualifikasi dan pengalaman kerja kamu yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Sedangkan bagian penutup berisi tentang permintaan untuk diundang wawancara dan ucapan terima kasih atas perhatiannya.

Baca juga :  5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Marketing Bahasa Inggris Yang Menarik

3. Gunakan Bahasa Inggris yang Tepat dan Benar

Ketika menyusun surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris, pastikan kamu menggunakan bahasa Inggris yang tepat dan benar. Gunakan kalimat yang singkat dan jelas, hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau sulit dipahami. Jangan lupa untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkan surat lamaran kamu.

4. Jangan Lupa Sertakan CV

Tidak hanya surat lamaran, CV atau curriculum vitae juga merupakan hal yang penting dalam melamar pekerjaan. Sertakan CV kamu yang berisi tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan kualifikasi lain yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan CV kamu juga menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar serta terlihat profesional.

5. Berikan Penekanan pada Kualifikasi yang Relevan

Saat menyusun surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris, berikan penekanan pada kualifikasi dan pengalaman kerja kamu yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Jangan terlalu banyak memasukkan informasi yang tidak relevan dengan pekerjaan tersebut. Hal ini akan membuat surat lamaran kamu terlihat kurang fokus dan sulit dipahami.

6. Hindari Penggunaan Kata-kata Klise

Saat menyusun surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris, hindari penggunaan kata-kata klise seperti “I am a hard worker”, “I am a team player”, atau “I am a fast learner”. Kata-kata ini terlalu umum dan tidak memberikan gambaran yang jelas tentang kualifikasi dan pengalaman kerja kamu. Sebaiknya kamu memberikan contoh konkret tentang bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan tersebut.

7. Berikan Penekanan pada Keahlian yang Dimiliki

Silakan memberikan penekanan pada keahlian yang dimiliki oleh kamu. Hal ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kualifikasi kamu terhadap pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai programmer, berikan penekanan pada keahlian kamu dalam pemrograman dan teknologi terkait.

Baca juga :  Review Of Pakaian Hitam Putih Wanita Untuk Melamar Kerja 2023

8. Jangan Lupa untuk Mengirimkan Surat Lamaran via Email

Saat ini, pengiriman surat lamaran pekerjaan melalui email sudah menjadi hal yang umum. Pastikan kamu menyertakan surat lamaran dan CV kamu dalam format PDF atau Microsoft Word yang mudah dibuka dan diunduh oleh pihak perusahaan. Jangan lupa untuk menuliskan subjek email dengan jelas dan singkat.

Gambar

Iklan Surat Lamaran Pekerjaan

Kesimpulan

Melamar pekerjaan dengan bahasa Inggris yang baik dan benar dapat menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, dengan menerapkan tips dan trik yang telah disebutkan di atas, kamu dapat menyusun surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris yang tepat dan terlihat profesional. Jangan lupa untuk terus mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu agar dapat bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif pada tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *