Agama  

Hadits Larangan Minum Sambil Berdiri: Mengapa Dilarang Dan Apa Hikmahnya?

Hadits Larangan Minum Sambil Berdiri: Mengapa Dilarang Dan Apa Hikmahnya?

Hadits Larangan Minum Sambil Berdiri: Mengapa Dilarang dan Apa Hikmahnya?

Minum adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, dalam agama Islam terdapat larangan minum sambil berdiri. Larangan ini didasarkan pada hadits-hadits Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang tata cara minum yang baik dan benar. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang larangan tersebut, mengapa dilarang, dan apa hikmahnya bagi kesehatan dan spiritual kita.

Apa Alasan Larangan Minum Sambil Berdiri dalam Islam?

Larangan minum sambil berdiri dalam Islam didasarkan pada beberapa hadits yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

  • Hadits: “Janganlah kamu minum dalam keadaan berdiri, karena sesungguhnya setan minum dalam keadaan demikian.”
  • Jawaban: Minum sambil berdiri dapat memicu gangguan pencernaan dan lambung. Ketika kita minum dalam keadaan berdiri, cairan yang masuk akan langsung jatuh ke lambung tanpa melalui proses pencernaan yang optimal. Hal ini dapat menyebabkan gangguan seperti refluks asam lambung, gangguan pencernaan, dan sembelit.

Apa Hikmah dari Larangan Minum Sambil Berdiri?

Larangan minum sambil berdiri memiliki beberapa hikmah yang dapat kita renungkan. Berikut adalah beberapa hikmah dari larangan tersebut:

  1. Menghormati Makan dan Minum: Dalam Islam, makan dan minum dianggap sebagai anugerah dari Allah SWT. Dengan minum sambil duduk, kita menunjukkan rasa syukur dan menghormati nikmat yang diberikan-Nya.
  2. Menjaga Kesehatan: Minum sambil duduk memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Hal ini dapat mencegah gangguan pencernaan dan memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.
  3. Menghindari Godaan Syaitan: Dalam hadits yang disebutkan sebelumnya, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa setan minum dalam keadaan berdiri. Dengan menjaga diri untuk minum sambil duduk, kita dapat menghindari pengaruh negatif setan dan memperkuat keimanan kita.
Baca juga :  Takbiran Idul Adha: Tata Cara Dan Makna Takbiran Idul Adha | Infoagama

Bagaimana Cara Minum yang Baik dan Benar dalam Islam?

Selain larangan minum sambil berdiri, Islam juga mengajarkan tata cara minum yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa tata cara minum yang diajarkan dalam agama Islam:

  • Mengucapkan Bismillah: Sebelum minum, disunahkan untuk mengucapkan basmalah atau “Bismillah” sebagai tanda memulai dengan nama Allah SWT.
  • Minum dengan Tangan Kanan: Sunnah Nabi Muhammad SAW untuk memulai minum dengan tangan kanan, sebagai tanda kebersihan dan adab dalam makan dan minum.
  • Minum dengan Tiga Minuman: Disunahkan untuk minum dalam tiga kali tegukan kecil, bukan dalam satu tegukan besar. Hal ini membantu proses pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.
  • Mengucapkan Alhamdulillah: Setelah selesai minum, disunahkan untuk mengucapkan “Alhamdulillah” sebagai tanda rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, terdapat larangan minum sambil berdiri yang didasarkan pada hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Larangan ini memiliki hikmah yang baik untuk kesehatan dan spiritualitas kita. Minum sambil duduk dapat menjaga kesehatan pencernaan dan menghindari pengaruh negatif setan. Selain itu, Islam juga mengajarkan tata cara minum yang baik dan benar, seperti mengucapkan basmalah, minum dengan tangan kanan, dan minum dalam tiga tegukan kecil. Dengan mematuhi larangan dan mengikuti tata cara yang diajarkan, kita dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kesadaran spiritual kita dalam menjalani kehidupan ini.

FAQ

  • Apakah minum sambil berdiri dapat menyebabkan gangguan pencernaan?
  • Jawab: Ya, minum sambil berdiri dapat memicu gangguan pencernaan seperti refluks asam lambung dan sembelit.
  • Apa hikmah dari larangan minum sambil berdiri?
  • Jawab: Larangan ini mengajarkan kita untuk menghormati makan dan minum, menjaga kesehatan pencernaan, dan menghindari godaan setan.
  • Bagaimana tata cara minum yang baik dan benar dalam Islam?
  • Jawab: Tata cara minum yang baik dan benar dalam Islam antara lain mengucapkan basmalah, minum dengan tangan kanan, minum dalam tiga tegukan kecil, dan mengucapkan rasa syukur setelah selesai minum.
Baca juga :  Bagaimana Cara Meneladani Al-Asmaul Al-Husna Al-Adl

Gambar Hadits Larangan Minum Sambil Berdiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *