5 Kesalahan Fatal Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

5 Kesalahan Fatal Dalam Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
50 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Salah Dan Perbaikannya Berbagi Resep

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Salah – 2023Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Salah

Kesalahan 1: Tidak Menyesuaikan Surat dengan Lowongan Pekerjaan

Salah satu kesalahan fatal dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah tidak menyesuaikan surat dengan lowongan pekerjaan yang dilamar. Sebaiknya, kamu membaca dengan teliti deskripsi pekerjaan dan persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kemudian, tulislah surat lamaran dengan bahasa yang mudah dimengerti dan jangan menambahkan informasi yang tidak relevan. Hal ini akan membuat perusahaan menganggapmu tidak serius melamar pekerjaan.

Kesalahan 2: Tidak Menyebutkan Keahlian yang Dimiliki

Surat lamaran pekerjaan yang baik harus mencantumkan keahlian yang dimiliki oleh pelamar. Jangan hanya menuliskan pengalaman kerja saja, tetapi juga sebutkan keahlian yang kamu miliki dan dapat membantu perusahaan. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai desainer grafis, sebutkan keahlianmu dalam menggunakan software desain grafis atau keahlian dalam menggambar tangan.

Kesalahan 3: Tidak Menjelaskan Alasan Melamar Pekerjaan

Perusahaan ingin tahu alasanmu melamar pekerjaan di tempat mereka. Jangan hanya menuliskan bahwa kamu membutuhkan pekerjaan atau ingin mencari pengalaman baru. Sebaiknya, jelaskan alasanmu mengapa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut dan bagaimana kamu dapat memberikan kontribusi positif untuk perusahaan.

Kesalahan 4: Tidak Memperhatikan Tanda Baca dan Ejaan

Surat lamaran pekerjaan yang salah ejaan dan tanda bacanya akan membuatmu terlihat kurang profesional. Pastikan kamu mengecek kembali tata bahasa, ejaan, dan tanda baca sebelum mengirimkan surat lamaran. Kamu juga dapat meminta bantuan orang lain untuk mengecek tata bahasa dan ejaan pada surat lamaranmu.

Baca juga :  Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Dari Iklan Yang Ampuh Dan Menarik Hati

Kesalahan 5: Tidak Bersikap Profesional

Terakhir, salah satu kesalahan fatal dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah tidak bersikap profesional. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau terlalu sopan. Sebaiknya, gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tetap menjaga etika serta kesopanan dalam penulisan surat lamaran.

Kesimpulan

Surat lamaran pekerjaan yang baik harus mencerminkan kemampuanmu dan keseriusanmu dalam melamar pekerjaan. Hindari kesalahan-kesalahan yang telah disebutkan di atas agar surat lamaranmu dapat diterima oleh perusahaan. Ingatlah bahwa surat lamaran adalah pintu masukmu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, jadi pastikan kamu menuliskannya dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *