10 Kesalahan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Dan Cara Memperbaikinya

10 Kesalahan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Dan Cara Memperbaikinya
31 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, Dijamin Lolos!

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Salah dan Perbaikannya

Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan saat akan melamar pekerjaan. Namun, terkadang banyak pelamar yang kurang memperhatikan hal-hal kecil dalam menulis surat lamaran kerja, sehingga membuat surat tersebut menjadi salah dan tidak menarik perhatian pihak perusahaan. Berikut ini adalah 10 kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja dan cara memperbaikinya:

Kesalahan 1: Tidak Mengetahui Nama dan Alamat Perusahaan yang Ditujukan

Logo Perusahaan

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam menulis surat lamaran kerja adalah tidak mengetahui dengan pasti nama dan alamat perusahaan yang ditujukan. Hal ini dapat membuat surat lamaran kerja terkesan asal-asalan dan kurang profesional. Oleh karena itu, sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan kamu sudah mengetahui dengan jelas nama dan alamat perusahaan yang akan kamu lamar.

Kesalahan 2: Tidak Menyebutkan Posisi yang Dilamar

Selain tidak mengetahui dengan pasti nama dan alamat perusahaan yang ditujukan, kesalahan lain dalam menulis surat lamaran kerja adalah tidak menyebutkan posisi yang dilamar. Hal ini dapat membuat pihak perusahaan bingung dan tidak tertarik untuk melanjutkan proses seleksi. Oleh karena itu, pastikan kamu menyebutkan posisi yang dilamar dengan jelas dan spesifik.

Baca juga :  Contoh Cv Lamaran Kerja Smk Yang Menarik Dan Profesional

Kesalahan 3: Tidak Menyebutkan Pengalaman Kerja yang Relevan

Salah satu hal yang akan menarik perhatian pihak perusahaan adalah pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar. Namun, terkadang pelamar tidak menyebutkan pengalaman kerja yang relevan atau bahkan tidak menyebutkan pengalaman kerja sama sekali. Oleh karena itu, pastikan kamu menyebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar, sehingga pihak perusahaan dapat melihat kemampuan dan keahlian yang kamu miliki.

Kesalahan 4: Tidak Menjelaskan Kelebihan yang Dimiliki

Selain pengalaman kerja, kelebihan yang dimiliki juga merupakan hal yang perlu disebutkan dalam surat lamaran kerja. Namun, terkadang pelamar tidak menyebutkan kelebihan yang dimiliki atau bahkan tidak mengetahui kelebihan yang dimilikinya sendiri. Oleh karena itu, pastikan kamu menyebutkan kelebihan yang dimiliki dengan jelas dan spesifik.

Kesalahan 5: Tidak Menjelaskan Pengetahuan dan Keterampilan yang Dimiliki

Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki juga merupakan hal yang penting untuk disebutkan dalam surat lamaran kerja. Namun, terkadang pelamar tidak menyebutkan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya atau bahkan tidak mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sendiri. Oleh karena itu, pastikan kamu menyebutkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan jelas dan spesifik.

Kesalahan 6: Tidak Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran kerja juga sangat penting untuk diperhatikan. Terkadang pelamar menggunakan bahasa yang tidak baik dan benar, sehingga membuat surat lamaran kerja terkesan kurang profesional dan tidak serius. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menulis surat lamaran kerja.

Kesalahan 7: Tidak Menyertakan Lampiran yang Dibutuhkan

Lampiran yang dibutuhkan dalam surat lamaran kerja seperti CV, foto, atau sertifikat pendukung lainnya juga perlu disertakan dengan lengkap dan jelas. Namun, terkadang pelamar tidak menyertakan lampiran yang dibutuhkan atau bahkan salah dalam menyertakan lampiran. Oleh karena itu, pastikan kamu menyertakan lampiran yang dibutuhkan dengan lengkap dan jelas.

Baca juga :  10 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Guru Bahasa Inggris Terbaik Di Tahun 2023

Kesalahan 8: Tidak Mengirim Surat Lamaran Kerja Sesuai Batas Waktu yang Ditentukan

Batas waktu pengiriman surat lamaran kerja biasanya sudah ditentukan oleh pihak perusahaan. Namun, terkadang pelamar tidak mengirimkan surat lamaran kerja sesuai batas waktu yang ditentukan atau bahkan terlambat mengirimkan surat lamaran kerja. Oleh karena itu, pastikan kamu mengirimkan surat lamaran kerja sesuai batas waktu yang ditentukan oleh pihak perusahaan.

Kesalahan 9: Tidak Menyebutkan Harapan dan Tujuan di Masa Depan

Harapan dan tujuan di masa depan juga perlu disebutkan dalam surat lamaran kerja. Namun, terkadang pelamar tidak menyebutkan harapan dan tujuan di masa depan atau bahkan tidak memiliki harapan dan tujuan di masa depan. Oleh karena itu, pastikan kamu menyebutkan harapan dan tujuan di masa depan dengan jelas dan spesifik.

Kesalahan 10: Tidak Menyampaikan Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih juga merupakan hal yang perlu disampaikan dalam surat lamaran kerja. Namun, terkadang pelamar tidak menyampaikan ucapan terima kasih atau bahkan salah dalam menyampaikan ucapan terima kasih. Oleh karena itu, pastikan kamu menyampaikan ucapan terima kasih dengan sopan dan jelas.

Kesimpulan

Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar bukanlah hal yang sulit, asalkan kamu memperhatikan hal-hal kecil yang sering terlewatkan. Dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *