Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Tulis Tangan

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Tulis Tangan
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Benar / Cara Membuat

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Tulis Tangan

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja adalah surat yang berisi permohonan seseorang untuk bekerja di suatu perusahaan atau instansi. Surat lamaran kerja umumnya dibuat oleh pelamar yang ingin melamar pekerjaan tanpa ada informasi lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan atau instansi tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Tulis Tangan

Berikut adalah contoh surat lamaran kerja umum tulis tangan:

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Tulis Tangan

Format Surat Lamaran Kerja

Format surat lamaran kerja umumnya terdiri dari header yang berisi alamat pengirim dan penerima, tanggal, subjek, isi surat, dan tanda tangan. Namun, tidak ada aturan baku mengenai format surat lamaran kerja. Pelamar dapat menyesuaikan format surat lamaran kerja dengan keinginannya, asalkan format tersebut masih terlihat formal dan profesional.

Isi Surat Lamaran Kerja

Isi surat lamaran kerja pada umumnya terdiri dari pengenalan diri, alasan melamar pekerjaan, kualifikasi dan keahlian, serta harapan untuk dapat mengikuti seleksi.

Pengenalan Diri

Pada bagian pengenalan diri, pelamar harus menyebutkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan surel. Selain itu, pelamar juga bisa menambahkan informasi lain yang relevan, seperti pendidikan terakhir atau pengalaman kerja.

Alasan Melamar Pekerjaan

Pada bagian ini, pelamar harus menjelaskan alasan mengapa ia tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi tersebut. Pelamar juga bisa menambahkan informasi lain yang relevan, seperti motivasi atau tujuan karir.

Kualifikasi dan Keahlian

Pada bagian ini, pelamar harus menjelaskan kualifikasi dan keahlian yang dimiliki. Pelamar juga bisa menambahkan pengalaman kerja atau proyek yang pernah dilakukan sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Baca juga :  10 Contoh Lamaran Kerja Restoran Yang Menarik Untuk Tahun 2023

Harapan untuk Dapat Mengikuti Seleksi

Pada bagian ini, pelamar harus menyatakan harapan untuk dapat mengikuti seleksi dan bersedia memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan atau instansi tersebut.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja umum tulis tangan masih menjadi pilihan bagi beberapa pelamar yang ingin menunjukkan keseriusannya dalam melamar pekerjaan. Namun, pelamar juga harus memperhatikan kualitas penulisan dan format surat lamaran kerja agar terlihat profesional dan mudah dipahami oleh penerima surat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *