Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar Untuk Tahun 2023

Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar Untuk Tahun 2023
10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan. Surat lamaran yang baik dan benar akan meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Berikut adalah contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang profesional dan mudah dimengerti.

Bagian 1: Informasi Pribadi

Bagian pertama dalam surat lamaran pekerjaan adalah informasi pribadi. Pada bagian ini, Anda perlu menyebutkan nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan mudah dihubungi.

Contoh struktur surat lamaran pekerjaan

Contoh Bagian 1:

Nama: John Doe

Alamat: Jl. Raya 123, Jakarta

Nomor Telepon: 08123456789

Email: john.doe@gmail.com

Bagian 2: Tujuan Surat Lamaran

Pada bagian kedua, sampaikan tujuan Anda dalam mengirimkan surat lamaran pekerjaan tersebut. Jelaskan posisi yang Anda inginkan dan di mana Anda mengetahui lowongan tersebut.

Contoh Bagian 2:

Dengan hormat,

Saya menulis surat ini untuk melamar posisi Marketing Manager yang diiklankan di website perusahaan Anda. Saya tertarik dengan posisi ini karena saya memiliki pengalaman dan kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda cari.

Bagian 3: Pengalaman Kerja

Bagian ketiga adalah pengalaman kerja. Jelaskan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar, mulai dari pekerjaan terakhir hingga pekerjaan yang paling lama.

Contoh Bagian 3:

Saya memiliki pengalaman kerja selama 5 tahun sebagai Marketing Manager di perusahaan XYZ. Selama bekerja di sana, saya bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif dan berhasil meningkatkan penjualan sebesar 30%.

Baca juga :  5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Perkantoran Yang Menarik Perhatian

Bagian 4: Pendidikan dan Kualifikasi

Pada bagian keempat, sampaikan pendidikan dan kualifikasi yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jangan lupa untuk menyertakan nama institusi, jurusan, dan tahun lulus.

Contoh Bagian 4:

Saya lulus dari Universitas ABC dengan gelar Sarjana Pemasaran pada tahun 2015. Selain itu, saya juga memiliki sertifikasi Google AdWords dan Google Analytics yang menunjukkan kemampuan saya dalam hal pemasaran online.

Bagian 5: Penutup

Pada bagian terakhir, sampaikan kesimpulan dan harapan Anda. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Contoh Bagian 5:

Saya yakin bahwa pengalaman dan kualifikasi yang saya miliki membuat saya menjadi kandidat yang tepat untuk posisi Marketing Manager di perusahaan Anda. Saya berharap dapat memiliki kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Terima kasih atas perhatiannya.

  • Semua informasi yang diberikan dalam surat lamaran pekerjaan harus akurat dan jujur.
  • Pastikan surat lamaran Anda memiliki struktur yang jelas dan mudah dibaca.
  • Jangan lupa untuk menyesuaikan surat lamaran Anda dengan posisi yang Anda lamar.

Semoga contoh struktur surat lamaran pekerjaan di atas dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu memperbarui surat lamaran Anda sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang Anda miliki. Selamat mencari pekerjaan!

Sumber: www.unsuri.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *