10 Contoh Riwayat Hidup Yang Menarik Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023

10 Contoh Riwayat Hidup Yang Menarik Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023
Contoh Riwayat Hidup Melamar Kerja CONTOHSURATKU

Contoh Riwayat Hidup Melamar Kerja

1. Perkenalan Diri

Saat melamar kerja, hal pertama yang harus kamu sampaikan adalah perkenalan diri. Sebutkan nama lengkapmu, usiamu, dan latar belakang pendidikanmu. Misalnya, “Saya Siti Nurul, berusia 24 tahun dan lulusan S1 Teknik Informatika dari Universitas Gadjah Mada.”

2. Pengalaman Kerja

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sampaikan dengan jelas di riwayat hidupmu. Sebutkan nama perusahaan, jabatan yang pernah kamu pegang, dan tanggung jawab yang kamu emban. Contoh kalimat yang bisa kamu gunakan, “Saya pernah bekerja di PT XYZ selama 2 tahun sebagai Marketing Manager. Tanggung jawab saya adalah mengembangkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan produk.”

10 Contoh Riwayat Hidup Yang Menarik Untuk Melamar Kerja Di Tahun 2023

3. Kemampuan yang Dimiliki

Tuliskan kemampuan yang kamu miliki yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Sebutkan kemampuan yang mampu menonjolkanmu dari pelamar lainnya. Misalnya, “Saya memiliki kemampuan analisis data yang baik dan mampu mengoperasikan software statistik seperti SPSS dan R.”

4. Pendidikan

Jangan lupa untuk mencantumkan riwayat pendidikanmu dengan jelas. Sebutkan nama institusi pendidikan, jurusan, dan tahun lulus. “Saya lulus dari SMA Negeri 1 Bandung pada tahun 2015 dan melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2019.”

5. Sertifikasi atau Pelatihan

Bila kamu telah mengikuti sertifikasi atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, jangan lupa untuk mencantumkannya. Misalnya, “Saya telah mengikuti pelatihan digital marketing dan sertifikasi Google AdWords.”

Baca juga :  Contoh Proposal Bazar

6. Prestasi yang Pernah Diraih

Bila kamu pernah meraih prestasi di bidang akademik atau non-akademik, ceritakan secara singkat. “Saya pernah meraih juara 1 lomba menulis esai di tingkat nasional pada tahun 2018.”

7. Keahlian Bahasa Asing

Bila kamu mahir dalam bahasa asing, cantumkan keahlianmu di dalam riwayat hidup. “Saya mahir berbahasa Inggris dan telah mengikuti tes TOEFL dengan skor 600.”

8. Hobi

Hobi yang kamu miliki juga dapat mencerminkan kepribadianmu. Sebutkan hobi yang kamu gemari dan jelaskan bagaimana hobi tersebut dapat membantumu dalam bekerja. “Saya hobi membaca dan menulis, yang membantu saya dalam mengembangkan kemampuan berpikir dan berkomunikasi.”

9. Referensi

Cantumkan nama dan kontak orang yang dapat memberikan referensi tentangmu. Pastikan orang tersebut bersedia memberikan referensi dan memiliki hubungan profesional denganmu. “Berikut adalah nama dan kontak orang yang dapat memberikan referensi tentang saya: Bapak Ahmad, Kepala Divisi Marketing di PT XYZ (08123456789)”

10. Kesimpulan

Dalam riwayat hidup, pastikan kamu memberikan informasi yang jelas dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Buatlah riwayat hidup yang menarik dan mudah dipahami oleh pihak HRD. Selain itu, pastikan kamu memberikan informasi yang benar dan akurat. Semoga riwayat hidupmu dapat membantu dalam proses seleksi kerja di tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *