Contoh Proposal Pkm Pengabdian Masyarakat

Contoh Proposal Pkm Pengabdian Masyarakat
Contoh Proposal Pkm Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Terkait
Contoh Proposal Pkm Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Terkait from www.myxxgirl.com

Contoh Proposal PKM Pengabdian Masyarakat

Pengertian PKM Pengabdian Masyarakat

PKM Pengabdian Masyarakat atau Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Mahasiswa akan diajak untuk mengidentifikasi masalah yang ada di masyarakat dan memberikan solusi atau tindakan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah tersebut.

Manfaat PKM Pengabdian Masyarakat

Program PKM Pengabdian Masyarakat memiliki banyak manfaat, baik untuk mahasiswa maupun masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat dari program ini:

  • Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami permasalahan yang terjadi di masyarakat.
  • Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan solusi atau tindakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat.
  • Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui tindakan atau solusi yang diberikan oleh mahasiswa.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi melalui tindakan atau solusi yang diberikan oleh mahasiswa.

Contoh Proposal PKM Pengabdian Masyarakat

Berikut adalah contoh proposal PKM Pengabdian Masyarakat yang dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang ingin mengikuti program ini:

1. Judul Proposal: “Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak di Desa X Melalui Pembelajaran Interaktif”

Deskripsi: Proposal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak di Desa X melalui pembelajaran interaktif. Mahasiswa akan membuat aplikasi pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh anak-anak di Desa X. Aplikasi ini akan dilengkapi dengan materi pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum di Desa X.

Baca juga :  Contoh Proposal Pertanian Hortikultura

2. Judul Proposal: “Pengembangan Usaha Kreatif Berbasis Desa di Desa Y”

Deskripsi: Proposal ini bertujuan untuk mengembangkan usaha kreatif berbasis desa di Desa Y. Mahasiswa akan membantu masyarakat Desa Y untuk menciptakan produk-produk kreatif yang dapat dipasarkan secara online maupun offline. Mahasiswa juga akan memberikan pelatihan tentang manajemen usaha kepada masyarakat Desa Y.

Program PKM Pengabdian Masyarakat dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Dengan mengikuti program ini, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami permasalahan yang terjadi di masyarakat dan memberikan solusi atau tindakan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *