Contoh Proposal Penelitian Pupuk Organik

Contoh Proposal Penelitian Pupuk Organik
Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif PDF
Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif PDF from www.scribd.com

Pengertian Pupuk Organik

Pupuk organik adalah jenis pupuk yang bahan bakunya berasal dari bahan organik, seperti sisa-sisa tanaman atau hewan. Pupuk organik ini dianggap sebagai salah satu alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pupuk kimia. Pupuk organik dapat meningkatkan kesuburan tanah dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Manfaat Pupuk Organik

Pupuk organik memiliki banyak manfaat. Pertama, pupuk organik dapat meningkatkan kesuburan tanah. Kandungan nutrisi dalam pupuk organik seperti nitrogen, fosfor dan kalium dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Kedua, pupuk organik dapat meningkatkan kualitas tanah. Pupuk organik dapat membantu meningkatkan ketersediaan unsur hara dalam tanah dan memperbaiki struktur tanah. Ketiga, pupuk organik dapat membantu mengurangi risiko pencemaran lingkungan. Pupuk organik tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mencemari air dan tanah.

Contoh Proposal Penelitian Pupuk Organik

Berikut adalah contoh proposal penelitian pupuk organik yang dapat dilakukan:

Judul Penelitian

Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi

Latar Belakang

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, produksi sawi seringkali terhambat oleh faktor-faktor seperti kekurangan unsur hara dalam tanah dan serangan hama penyakit. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk meningkatkan produksi sawi dengan menggunakan pupuk organik.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman sawi.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain acak kelompok. Kelompok kontrol diberikan pupuk kimia, sedangkan kelompok perlakuan diberikan pupuk organik. Penelitian akan dilakukan pada lahan sawah selama 3 bulan. Data yang diambil adalah tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat segar tanaman.

Baca juga :  Contoh Proposal Semiformal

Populasi dan Sampel

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tanaman sawi yang ada di lahan sawah. Sampel yang diambil adalah 30 tanaman sawi yang dipilih secara acak dari kedua kelompok.

Analisis Data

Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis akan digunakan untuk menentukan apakah ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

Pengumpulan Data

Data akan dikumpulkan dengan melakukan pengamatan pada tanaman sawi setiap minggu selama 3 bulan. Pengamatan dilakukan pada tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat segar tanaman.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi. Kelompok perlakuan memiliki tinggi tanaman, jumlah daun, dan berat segar tanaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberian pupuk organik dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan pupuk organik dalam produksi tanaman sawi.

Saran

Untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan penelitian yang lebih mendalam tentang jenis pupuk organik yang paling efektif untuk tanaman sawi. Selain itu, dapat dilakukan penelitian tentang pengaruh pupuk organik terhadap kualitas sayuran yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *