Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif
Contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan bahasa inggris pdf
Contoh proposal penelitian kualitatif pendidikan bahasa inggris pdf from polindo.ac.id

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Pengertian Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial yang kompleks dan subjektif dari perspektif partisipan. Penelitian ini lebih fokus pada makna, interpretasi, dan pengalaman individu atau kelompok dalam situasi tertentu. Sehingga, penelitian kualitatif seringkali dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pengamatan langsung terhadap partisipan.

Manfaat Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif memiliki manfaat yang cukup besar dalam pengembangan ilmu sosial dan humaniora. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Memahami perspektif partisipan dan konteks sosial yang kompleks
  • Mendapatkan data yang lebih lengkap dan mendalam
  • Menghasilkan temuan baru yang dapat digunakan untuk pengembangan teori dan praktik
  • Meningkatkan keterlibatan partisipan dalam proses penelitian

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif

Judul: Pengalaman Mahasiswa dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester di Universitas ABC

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman mahasiswa dalam menghadapi ujian tengah semester di Universitas ABC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di Universitas ABC.

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian, antara lain:

  • Bagaimana pengalaman mahasiswa dalam menghadapi ujian tengah semester?
  • Apa yang menjadi tantangan dan hambatan dalam menghadapi ujian tengah semester?
  • Bagaimana mahasiswa mengatasi tantangan dan hambatan tersebut?
  • Bagaimana dampak pengalaman menghadapi ujian tengah semester terhadap kinerja akademik mahasiswa?

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang pengalaman mahasiswa dalam menghadapi ujian tengah semester di Universitas ABC. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi universitas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengalaman akademik mahasiswa.

Baca juga :  Contoh Simbiosis Amensalisme

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di Universitas ABC. Peneliti akan melakukan wawancara secara langsung dengan mahasiswa untuk memahami pengalaman mereka dalam menghadapi ujian tengah semester.

Teknik Pengumpulan Data

Data penelitian akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa. Wawancara akan dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan panduan wawancara yang telah disusun sebelumnya.

Teknik Analisis Data

Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Analisis data akan dilakukan dengan cara mengidentifikasi tema-tema atau pola-pola yang muncul dari hasil wawancara. Selanjutnya, temuan-temuan tersebut akan dianalisis dan diinterpretasikan untuk menjawab pertanyaan penelitian.

Waktu dan Anggaran

Penelitian ini akan dilaksanakan selama dua bulan dengan estimasi biaya sebesar Rp 5.000.000,-. Biaya tersebut meliputi biaya transportasi, honorarium bagi partisipan, dan biaya pengolahan data.

Referensi

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods. Boston: Pearson Education.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *