Contoh Proposal Ogoh Ogoh

Contoh Proposal Ogoh Ogoh
Contoh Proposal Ogoh Ogoh 2020
Contoh Proposal Ogoh Ogoh 2020 from www.beinyu.com

Pengertian Ogoh Ogoh

Ogoh ogoh adalah sesuatu yang sangat identik dengan perayaan hari raya Nyepi di Bali. Ogoh ogoh adalah patung raksasa yang dibuat dari bambu, kayu, dan kertas yang berbentuk seperti makhluk mitologi atau binatang. Ogoh ogoh ini kemudian akan ditampilkan dalam sebuah parade yang disebut dengan ogoh ogoh parade. Parade ini biasanya dilakukan pada malam hari sebelum hari raya Nyepi.

Manfaat Ogoh Ogoh

Ogoh ogoh memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat Bali. Manfaat pertama dari ogoh ogoh adalah untuk mengusir roh jahat dari tempat tinggal. Selain itu, ogoh ogoh juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan antar warga desa atau kecamatan. Selain itu, parade ogoh ogoh juga dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Bali dan mengenal budaya Bali yang kaya dan unik.

Contoh Proposal Ogoh Ogoh

Berikut ini adalah contoh proposal ogoh ogoh yang dapat dijadikan referensi bagi warga desa atau kecamatan yang ingin mengadakan parade ogoh ogoh.

Pendahuluan

Parade ogoh ogoh adalah salah satu kegiatan yang dilakukan pada malam hari sebelum hari raya Nyepi. Kegiatan ini merupakan tradisi yang telah dilakukan oleh masyarakat Bali sejak lama. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengusir roh jahat dari tempat tinggal dan mempererat tali persaudaraan antar warga desa atau kecamatan. Kegiatan ini juga dapat menarik minat wisatawan untuk datang ke Bali dan mengenal budaya Bali yang kaya dan unik.

Target

Target dari kegiatan ini adalah seluruh warga desa atau kecamatan yang ingin berpartisipasi dalam parade ogoh ogoh.

Baca juga :  Contoh Proposal Maulid Singkat

Waktu dan Tempat

Kegiatan parade ogoh ogoh akan dilakukan pada malam hari sebelum hari raya Nyepi. Tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah di lapangan desa atau kecamatan.

Anggaran

Anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah sebesar Rp. 50.000.000,-. Anggaran ini akan digunakan untuk biaya pembuatan ogoh ogoh, biaya transportasi, biaya pengadaan sound system, dan biaya lainnya yang berkaitan dengan kegiatan parade ogoh ogoh.

Jadwal Pelaksanaan

Berikut adalah jadwal pelaksanaan kegiatan parade ogoh ogoh: – 18.00 – 19.00 : Persiapan parade ogoh ogoh – 19.00 – 20.00 : Parade ogoh ogoh dimulai – 20.00 – 21.00 : Penampilan seni dan budaya Bali – 21.00 – 22.00 : Acara pembagian doorprize – 22.00 – selesai : Acara bebas

Pelaksanaan

Kegiatan parade ogoh ogoh akan dimulai pada pukul 19.00. Seluruh warga desa atau kecamatan yang ingin berpartisipasi dalam parade ogoh ogoh diharapkan sudah mempersiapkan ogoh ogoh masing-masing sebelum acara dimulai. Setelah parade ogoh ogoh selesai dilakukan, akan ada penampilan seni dan budaya Bali yang akan memeriahkan acara. Selain itu, juga akan ada acara pembagian doorprize sebagai bentuk apresiasi kepada peserta parade ogoh ogoh.

Kesimpulan

Parade ogoh ogoh adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam perayaan hari raya Nyepi di Bali. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Bali, seperti mengusir roh jahat dari tempat tinggal dan mempererat tali persaudaraan antar warga desa atau kecamatan. Oleh karena itu, kegiatan parade ogoh ogoh harus terus dilestarikan dan dijadikan sebagai salah satu tradisi yang unik dan khas dari Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *