Contoh Mengisi Formulir Lamaran Kerja Dengan Benar Dan Profesional

Contoh Mengisi Formulir Lamaran Kerja Dengan Benar Dan Profesional
Form Lamaran Kerja Contoh Surat

Contoh Mengisi Formulir Lamaran Kerja

Setiap orang pasti ingin memiliki pekerjaan impian yang sesuai dengan passion dan keahlian masing-masing. Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan impian adalah dengan mengisi formulir lamaran kerja dengan benar dan profesional. Pada artikel ini, kita akan membahas contoh mengisi formulir lamaran kerja yang baik dan benar agar kamu bisa sukses mendapatkan pekerjaan impian pada tahun 2023.

1. Isi Data Pribadi dengan Lengkap

Langkah pertama dalam mengisi formulir lamaran kerja adalah mengisi data pribadi dengan lengkap, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan data yang kamu isi benar dan sesuai dengan identitas asli karena hal ini akan memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungi kamu jika terpilih.

Contoh Formulir Lamaran Kerja

2. Isi Pendidikan Terakhir dengan Detail

Selanjutnya, kamu harus mengisi data pendidikan terakhir dengan detail, seperti nama institusi pendidikan, jurusan, tahun lulus, dan IPK. Jika kamu memiliki sertifikat atau penghargaan lain yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, kamu bisa mencantumkannya juga.

3. Isi Pengalaman Kerja dengan Urutan Terbalik

Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu harus mengisi data pengalaman kerja dengan urutan terbalik, dimulai dari pengalaman kerja yang paling terbaru. Cantumkan nama perusahaan, posisi yang pernah kamu pegang, lama bekerja, dan tanggung jawab yang kamu emban selama bekerja di perusahaan tersebut.

Baca juga :  Cool Contoh Surat Lamaran Kerja Pdf Lewat Hp References

4. Buat Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Selain mengisi formulir lamaran kerja, kamu juga harus menyertakan surat lamaran kerja yang menarik dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Surat lamaran kerja yang baik harus berisi informasi tentang diri kamu, alasan kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut, keahlian dan pengalaman yang kamu miliki, serta harapan kamu jika diterima bekerja di perusahaan tersebut.

5. Sertakan CV yang Menarik

CV atau curriculum vitae adalah dokumen yang berisi tentang riwayat hidup kamu, seperti pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan prestasi yang pernah kamu raih. CV yang baik harus menarik dan mudah dibaca. Gunakan bahasa yang jelas dan singkat, serta cantumkan informasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

6. Jangan Lupa Sertakan Dokumen Pendukung Lainnya

Jika perusahaan meminta kamu untuk menyertakan dokumen pendukung lainnya, seperti sertifikat pelatihan atau referensi kerja, pastikan kamu menyertakannya dengan lengkap dan sesuai dengan permintaan perusahaan. Hal ini akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

7. Periksa Kembali Data yang Kamu Isi

Sebelum mengirimkan formulir lamaran kerja, pastikan kamu sudah memeriksa kembali data yang kamu isi untuk menghindari kesalahan penulisan atau ketidaksesuaian data. Hal ini akan memperlihatkan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan dan meningkatkan peluang kamu untuk diterima.

8. Kirimkan Lamaran Kamu Sesuai dengan Waktu yang Ditetapkan

Terakhir, pastikan kamu mengirimkan formulir lamaran kerjamu sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh perusahaan. Jangan terlambat atau terlalu cepat mengirimkan lamaran karena hal ini dapat memengaruhi penilaian perusahaan terhadap kamu. Jika perusahaan meminta kamu untuk mengirimkan lamaran via email, pastikan kamu menggunakan email yang profesional dan mudah dihubungi.

Baca juga :  Lowongan Pekerjaan Bahasa Inggris Dan Surat Lamarannya Tahun 2023

9. Kesimpulan

Mengisi formulir lamaran kerja bukanlah hal yang sulit jika kamu tahu cara dan tips yang benar. Pastikan kamu mengisi formulir lamaran kerja dengan lengkap dan benar, serta menyertakan surat lamaran kerja dan CV yang menarik. Periksa kembali data yang kamu isi dan kirimkan lamaran kamu sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Dengan mengikuti tips dan contoh mengisi formulir lamaran kerja di atas, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian pada tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *