5 Contoh Deskripsi Diri Sendiri Untuk Melamar Pekerjaan Fresh Graduate Di 2023

5 Contoh Deskripsi Diri Sendiri Untuk Melamar Pekerjaan Fresh Graduate Di 2023
(PDF) Deskripsi Diri untuk Melamar Kerja Emille Ilmansyah Academia.edu

Contoh Deskripsi Diri Sendiri untuk Melamar Pekerjaan Fresh Graduate

Menjadi seorang fresh graduate memang tidak mudah. Setelah bertahun-tahun menempuh pendidikan, kini saatnya untuk memulai karir. Namun, untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, kamu harus menunjukkan kemampuan dan keunggulan dirimu. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menulis deskripsi diri sendiri yang menarik dan profesional.

1. Deskripsi Diri yang Fokus pada Keahlian

keahlian

Jika kamu memiliki keahlian khusus yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, jangan ragu untuk menonjolkannya dalam deskripsi diri. Misalnya, jika kamu melamar pekerjaan sebagai software engineer, kamu bisa menulis, “Saya memiliki kemampuan dalam mengembangkan aplikasi web dan mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Python.”

2. Deskripsi Diri yang Menunjukkan Pengalaman Kerja

pengalaman kerja

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, baik sebagai magang atau karyawan paruh waktu, kamu bisa menuliskan pengalaman kerja tersebut dalam deskripsi diri. Misalnya, “Saya pernah bekerja sebagai magang di perusahaan X selama 6 bulan dan bertanggung jawab dalam mengelola database perusahaan.”

3. Deskripsi Diri yang Menunjukkan Kemampuan Komunikasi

kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting dalam dunia kerja. Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tuliskan dalam deskripsi diri. Misalnya, “Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan tim untuk mencapai tujuan yang sama.”

4. Deskripsi Diri yang Menunjukkan Kemampuan Analitis

kemampuan analitis

Banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan analitis yang baik. Jika kamu memiliki kemampuan analitis yang baik, tuliskan dalam deskripsi diri. Misalnya, “Saya memiliki kemampuan untuk menganalisis data dan memberikan solusi yang efektif untuk permasalahan yang ada.”

Baca juga :  Download Lamaran Pekerjaan Doc - Mudah Dan Cepat!

5. Deskripsi Diri yang Menunjukkan Motivasi

motivasi

Perusahaan ingin memiliki karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi dan siap untuk berkembang. Jika kamu memiliki motivasi yang tinggi, tuliskan dalam deskripsi diri. Misalnya, “Saya memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan berkembang di bidang yang saya geluti.”

Kesimpulan

Menulis deskripsi diri yang menarik dan profesional memang tidak mudah. Namun, jika kamu mampu menunjukkan keunggulan dan kemampuan dirimu dengan baik, peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan akan semakin besar. Jangan lupa untuk selalu mengupdate deskripsi diri sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar dan berikan yang terbaik dalam setiap tahapan seleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *