Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Pekerjaan Yang Efektif

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Pekerjaan Yang Efektif
contoh daftar riwayat hidup untuk melamar kerja cpns

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Pekerjaan

Pendahuluan

Daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae) dalam Bahasa Inggris, merupakan gambaran singkat dari pengalaman, pendidikan, dan keterampilan seseorang yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. CV yang baik dapat menjadi faktor penentu apakah kamu dipanggil untuk wawancara kerja atau tidak.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh daftar riwayat hidup yang efektif untuk membantumu meraih pekerjaan impianmu pada tahun 2023.

Penampilan CV

Penampilan CV yang baik akan memberikan kesan pertama yang positif pada perekrut. Pastikan CVmu terlihat rapi dan profesional. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu besar, serta warna yang mencolok. Gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial atau Times New Roman, dan jangan lupa untuk memberikan judul pada setiap bagian CV.

Contoh CV

Informasi Pribadi

Bagian pertama dalam CV adalah informasi pribadi. Cantumkan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi. Jangan lupa untuk memastikan informasi yang kamu berikan benar dan dapat dihubungi.

Ringkasan Profil

Bagian ini adalah tempatmu untuk menonjolkan diri dan menunjukkan keterampilan khusus yang kamu miliki yang dapat membantu pekerjaanmu. Tulis ringkasan profil yang singkat namun meyakinkan, dengan menggambarkan pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki.

Pendidikan

Cantumkan daftar pendidikanmu, dimulai dari yang terakhir. Tuliskan nama institusi pendidikan, jurusan, gelar yang diperoleh, dan tanggal lulus. Jangan lupa untuk mencantumkan penghargaan atau prestasi yang kamu peroleh selama kuliah.

Pengalaman Kerja

Cantumkan pengalaman kerjamu, dimulai dari yang terbaru. Tuliskan nama perusahaan, jabatanmu, dan periode kerja. Jangan lupa untuk menuliskan tugas dan tanggung jawabmu selama bekerja dan capaian yang telah kamu peroleh selama bekerja.

Baca juga :  Contoh Lamaran Kerja Pdf Yang Profesional Untuk Tahun 2023

Keterampilan

Cantumkan keterampilan yang kamu miliki, baik keterampilan teknis maupun non-teknis. Jangan lupa untuk menuliskan level kemahiranmu pada setiap keterampilan yang kamu cantumkan.

Pengalaman Organisasi

Jika kamu memiliki pengalaman organisasi, cantumkan pengalamanmu dalam organisasi tersebut. Tuliskan nama organisasi, jabatanmu, dan periode keanggotaanmu. Jangan lupa untuk menuliskan tugas dan tanggung jawabmu selama menjadi anggota organisasi tersebut.

Referensi

Cantumkan dua atau tiga referensi yang dapat dihubungi oleh perekrut. Tuliskan nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email dari referensi yang kamu cantumkan.

Kesimpulan

Contoh daftar riwayat hidup di atas dapat membantumu untuk membuat CV yang efektif dan menarik perhatian perekrut. Pastikan CVmu rapi, profesional, dan mudah dibaca. Dengan CV yang baik, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan impianmu pada tahun 2023.

Sumber: www.unsuri.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *