Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik

Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik
Surat Lamaran Kerja Yang Benar Surat lamaran kota ku / 10000 contoh

Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Menulis surat lamaran pekerjaan memang bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Selain harus memperhatikan format dan struktur yang benar, kamu juga harus bisa menarik perhatian pembaca, terutama dalam alinea pembuka. Berikut ini adalah beberapa contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang bisa menjadi inspirasimu:

1. Menyebutkan Sumber Lowongan Pekerjaan

sumber lowongan pekerjaan

Sebagai pencari kerja, kamu harus aktif mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan minatmu. Ketika menulis alinea pembuka surat lamaran pekerjaan, kamu bisa menyebutkan sumber lowongan pekerjaan yang kamu temukan. Misalnya, melalui website perusahaan atau situs pencari kerja online.

Contoh:

Saya menemukan informasi lowongan pekerjaan yang dibuka oleh PT ABC melalui situs pencari kerja online. Saya merasa tertarik dengan posisi yang ditawarkan dan ingin mengajukan lamaran untuk bergabung dengan perusahaan yang terhormat ini.

2. Menyebutkan Posisi yang Dilamar

contoh posisi kerja

Sebelum menulis alinea pembuka surat lamaran pekerjaan, pastikan kamu sudah membaca deskripsi pekerjaan dengan teliti. Hal ini penting agar kamu bisa menyampaikan secara jelas posisi yang kamu lamar dan mengapa kamu merasa cocok untuk posisi tersebut.

Contoh:

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajukan lamaran untuk posisi Marketing Executive yang dibuka oleh PT XYZ. Berdasarkan deskripsi pekerjaan yang saya baca, saya merasa memiliki kualifikasi dan pengalaman yang sesuai untuk posisi ini. Selain itu, saya juga tertarik dengan visi dan misi perusahaan yang fokus pada pengembangan produk teknologi terkini.

Baca juga :  10 Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Pengalaman Yang Menarik Perhatian Perusahaan

3. Menjelaskan Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman

latar belakang pendidikan

Untuk bisa bersaing dengan pelamar lain, kamu perlu menyampaikan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjamu secara singkat dan jelas. Tujuannya agar perusahaan bisa melihat kesesuaianmu dengan posisi yang dibutuhkan.

Contoh:

Saya adalah lulusan S1 Jurusan Teknik Informatika dari Universitas ABC dengan IPK 3,75. Selama kuliah, saya aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi dan proyek pengembangan aplikasi. Setelah lulus, saya bekerja selama dua tahun sebagai Software Developer di PT XYZ. Di sana, saya terlibat dalam pengembangan aplikasi e-commerce yang berhasil meningkatkan omzet perusahaan sebesar 30%.

4. Menunjukkan Minat dan Motivasi

minat dan motivasi

Perusahaan ingin tahu apa yang membuatmu tertarik dengan posisi yang kamu lamar dan bagaimana kamu bisa memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu menunjukkan minat dan motivasimu secara konkret.

Contoh:

Saya tertarik dengan posisi Marketing Executive yang dibuka oleh PT XYZ karena saya memiliki passion dalam bidang pemasaran dan teknologi. Saya percaya bahwa dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya bisa membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan inovatif. Saya juga tertarik dengan lingkungan kerja yang dinamis dan berkembang di perusahaan ini.

5. Menunjukkan Keterampilan dan Keahlian

keterampilan dan keahlian

Terakhir, kamu perlu menunjukkan keterampilan dan keahlian yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Hal ini akan memperkuat alasanmu mengapa kamu layak dipertimbangkan untuk diundang wawancara.

Contoh:

Selain memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi, saya juga memiliki keterampilan dalam analisis data dan digital marketing. Saya mampu mengoperasikan berbagai tools seperti Google Analytics dan SEO untuk meningkatkan visibilitas perusahaan di internet. Saya percaya bahwa keterampilan dan keahlian ini bisa menjadi nilai tambah bagi PT XYZ dalam mencapai target pemasaran dan penjualan.

Baca juga :  10 Tips Motivasi Untuk Melamar Kerja Yang Sukses Di Tahun 2023

Demikianlah beberapa contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Ingatlah untuk selalu menyampaikan dengan jelas dan singkat mengenai dirimu dan alasanmu mengapa kamu layak dipertimbangkan untuk posisi yang kamu lamar. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *