Cara Sharing Printer

cara sharing printer
cara sharing printer

Cara sharing printer adalah cara untuk menggunakan satu printer oleh beberapa perangkat di jaringan yang sama. Dalam artikel ini, akan dijelaskan langkah-langkah cara sharing printer.

Detail

1. Persiapkan perangkat

Sebelum sharing printer, pastikan printer dan perangkat yang akan terhubung ke printer sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama. Pastikan juga printer sudah terinstall driver yang sesuai di setiap perangkat.

2. Bagikan printer

Untuk sharing printer di Windows, caranya adalah dengan membuka Control Panel > Devices and Printers > klik kanan pada printer yang akan disharing > Printer Properties > Sharing > centang “Share this printer”> isi nama printer > klik Apply dan OK.

3. Tambahkan printer

Setelah printer disharing, untuk menambahkan printer di perangkat lain, buka Control Panel > Devices and Printers > Add a printer > pilih “Add a network, wireless or Bluetooth printer”> pilih printer yang sudah di-share > klik Next dan ikuti instruksi berikutnya.

4. Konfigurasi printer

Setelah printer terhubung, pastikan konfigurasinya sudah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pastikan jenis kertas, ukuran kertas, dan orientasi kertas sudah sesuai. Jangan lupa juga untuk mengatur default printer agar sesuai dengan printer yang akan digunakan di perangkat tersebut.

Baca juga :  Cara Cek Pulsa Smartfren

5. Test printer

Setelah semua langkah selesai, test printer dengan mencetak dokumen. Pastikan dokumen tercetak dengan baik dan sesuai dengan konfigurasi yang sudah diatur sebelumnya.

6. Jaga keamanan jaringan

Sharing printer di jaringan dapat membuka celah keamanan bagi jaringan tersebut. Pastikan jaringan diatur dengan baik dan hanya perangkat yang diberi akses yang dapat menggunakan printer tersebut.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika printer tidak terdeteksi di perangkat?

Periksa kembali koneksi jaringan dan pastikan printer sudah di-share dengan benar. Jika masih belum terdeteksi, coba restart printer dan perangkat yang terhubung.

2. Bisakah printer disharing tanpa koneksi internet?

Ya, printer dapat disharing tanpa koneksi internet karena sharing printer hanya memerlukan koneksi jaringan lokal.

3. Apakah semua printer dapat disharing?

Tidak semua printer dapat disharing. Pastikan printer yang digunakan mendukung sharing printer melalui jaringan.

4. Apakah sharing printer dapat dilakukan di Mac?

Ya, sharing printer dapat dilakukan di Mac dengan langkah-langkah yang hampir sama dengan di Windows.

5. Jika terdapat banyak perangkat yang terhubung ke printer, apakah akan mempengaruhi kinerja printer?

Ya, jika terdapat banyak perangkat yang terhubung ke printer, kinerja printer dapat terpengaruh. Pastikan printer yang digunakan memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani banyak perangkat.

6. Apakah printer yang terhubung ke router dapat di-share?

Ya, printer yang terhubung ke router dapat di-share dengan cara mengakses router melalui browser dan mengatur sharing printer pada pengaturan router.

7. Apakah printer yang terhubung ke satu perangkat dapat di-share?

Ya, printer yang terhubung ke satu perangkat dapat di-share dengan cara mengaktifkan fitur sharing printer pada perangkat tersebut.

Baca juga :  Cara Tarik Tunai Dana: Panduan Lengkap

8. Bagaimana cara menghapus printer yang sudah di-share?

Untuk menghapus printer yang sudah di-share, buka Control Panel > Devices and Printers > klik kanan pada printer yang akan dihapus > klik Remove device.

Pros

Dengan sharing printer, pengguna dapat menghemat biaya karena hanya perlu membeli satu printer untuk beberapa perangkat. Selain itu, sharing printer juga memudahkan pengguna karena tidak perlu lagi memindahkan dokumen dari satu perangkat ke perangkat lain untuk mencetak.

Tips

Pastikan printer dan perangkat terhubung ke jaringan yang sama. Jika terdapat banyak perangkat yang terhubung ke printer, pastikan printer memiliki kapasitas yang cukup untuk menangani banyak perangkat. Jangan lupa untuk mengatur konfigurasi printer agar sesuai dengan kebutuhan.

Summary

Cara sharing printer adalah cara untuk menggunakan satu printer oleh beberapa perangkat di jaringan yang sama. Untuk sharing printer, pastikan printer dan perangkat sudah terhubung dalam satu jaringan yang sama, printer sudah terinstall driver yang sesuai di setiap perangkat, dan printer sudah di-share. Setelah printer terhubung, pastikan konfigurasinya sudah sesuai dengan kebutuhan dan test printer dengan mencetak dokumen. Sharing printer dapat menghemat biaya dan memudahkan pengguna, namun harus dijaga keamanan jaringannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *