Cara Menurunkan Demam Pada Anak

cara menurunkan demam pada anak
cara menurunkan demam pada anak

Cara menurunkan demam pada anak merupakan salah satu keahlian penting yang harus dimiliki oleh orang tua. Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh anak meningkat di atas normal. Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi, peradangan, atau reaksi obat. Demam bisa sangat mengganggu kesehatan anak, jika dibiarkan berlarut-larut.

Paracetamol

Paracetamol adalah obat penurun demam yang paling umum digunakan untuk anak-anak. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin di otak, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Paracetamol juga dapat membantu meredakan sakit kepala dan nyeri tubuh yang sering terjadi pada saat demam.

Ibuprofen

Ibuprofen juga dapat digunakan untuk menurunkan demam pada anak. Obat ini bekerja dengan cara yang sama dengan paracetamol, yaitu menghambat produksi prostaglandin. Namun, ibuprofen lebih efektif dalam menghilangkan rasa sakit pada saat demam. Obat ini hanya boleh diberikan kepada anak-anak yang lebih dari 6 bulan.

Aspirin

Aspirin sebaiknya tidak diberikan pada anak-anak yang mengalami demam. Obat ini dapat menyebabkan sindrom Reye, yaitu kondisi berbahaya yang dapat merusak hati dan otak. Sindrom Reye biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami infeksi virus, seperti flu atau cacar air.

Baca juga :  Cara Menghilangkan Kurap: Tips Ampuh Dan Efektif

Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu menurunkan demam pada anak. Caranya dengan memasukkan anak ke dalam bak mandi yang berisi air hangat (suhu sekitar 37-38 derajat Celsius) selama 10-15 menit. Setelah mandi, keringkan tubuh anak dengan handuk dan biarkan dia beristirahat.

Kompres Air Hangat

Kompres air hangat juga dapat membantu menurunkan demam pada anak. Caranya dengan merendam handuk ke dalam air hangat, kemudian peras dan tempelkan pada dahi, leher, atau bagian tubuh anak yang lain. Lakukan kompres selama 10-15 menit, dan ulangi setiap 4-6 jam.

Memberikan Cairan yang Cukup

Saat anak mengalami demam, tubuhnya memerlukan cairan lebih banyak dari biasanya. Karena itu, pastikan anak minum air putih atau minuman lain yang mengandung elektrolit, seperti minuman olahraga.

Istirahat yang Cukup

Saat anak mengalami demam, tubuhnya memerlukan waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Karena itu, pastikan anak beristirahat yang cukup. Biarkan dia tidur sebanyak mungkin dan kurangi aktivitas yang berat.

Ruangan yang Sejuk

Pastikan ruangan tempat anak berada memiliki suhu yang sejuk dan nyaman. Hindari ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu yang ideal untuk anak yang mengalami demam adalah sekitar 20-22 derajat Celsius.

FAQ

Apakah demam selalu berbahaya?

Tidak selalu. Demam sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh yang membantu melawan infeksi. Namun, jika demam terlalu tinggi atau berlangsung terlalu lama, maka dapat mengganggu kesehatan anak.

Berapa suhu tubuh anak yang dianggap demam?

Suhu tubuh normal anak adalah antara 36-37 derajat Celsius. Jika suhu tubuh anak meningkat di atas 38 derajat Celsius, maka dianggap mengalami demam.

Apakah demam dapat menular?

Tidak, demam bukan penyakit yang dapat menular. Namun, penyebab demam, seperti infeksi, dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Baca juga :  Cara Transfer Gopay Ke Dana

Bolehkah memberikan obat penurun demam secara berlebihan?

Tidak, obat penurun demam sebaiknya diberikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan memberikan obat secara berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Apakah demam dapat dicegah?

Demam tidak selalu dapat dicegah, karena bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun, menjaga kebersihan dan kesehatan anak dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi yang dapat menyebabkan demam.

Bolehkah memberikan obat penurun demam sebelum tidur?

Boleh, namun pastikan anak sudah makan terlebih dahulu. Obat penurun demam sebaiknya tidak diberikan pada anak yang perutnya kosong, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Bolehkah mandi air dingin saat demam?

Tidak, mandi air dingin dapat menyebabkan suhu tubuh anak semakin meningkat. Sebaiknya gunakan air hangat atau suhu ruangan yang sejuk untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak.

Apakah pemberian obat penurun demam dapat mengganggu proses penyembuhan?

Tidak, obat penurun demam sebenarnya dapat membantu mengurangi gejala demam dan membantu anak merasa lebih nyaman. Namun, pastikan obat diberikan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pros

Menurunkan demam pada anak dapat membantu mengurangi gejala dan membantu anak merasa lebih nyaman.

Tips

Menjaga kebersihan dan kesehatan anak dapat membantu mengurangi risiko terkena infeksi yang dapat menyebabkan demam.

Summary

Cara menurunkan demam pada anak dapat dilakukan dengan memberikan obat penurun demam, mandi air hangat, kompres air hangat, memberikan cairan yang cukup, beristirahat yang cukup, dan menjaga suhu ruangan yang sejuk. Pastikan menjaga kebersihan dan kesehatan anak untuk mengurangi risiko terkena infeksi yang dapat menyebabkan demam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *