Cara Menulis Footnote Dari Skripsi Orang Lain

Cara Menulis Footnote Dari Skripsi Orang Lain
Penulisan Footnote Dari Skripsi Orang Lain Kumpulan Berbagai Skripsi

Cara Menulis Footnote dari Skripsi Orang Lain

Saat menulis skripsi, footnote sangat penting dalam menunjukkan sumber referensi dari informasi yang digunakan. Namun, ketika informasi yang digunakan berasal dari skripsi orang lain, bagaimana cara menulis footnote-nya? Berikut adalah beberapa tips untuk menulis footnote dari skripsi orang lain.

1. Menemukan Informasi yang Dibutuhkan

Langkah pertama adalah menemukan informasi yang dibutuhkan dari skripsi tersebut. Informasi yang penting antara lain nama penulis, judul skripsi, nama perguruan tinggi, tahun publikasi, dan nomor halaman yang mengandung informasi yang digunakan.

2. Menulis Footnote secara Benar

Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menulis footnote secara benar. Footnote dari skripsi orang lain harus diawali dengan nama penulis, judul skripsi, dan perguruan tinggi. Contohnya:

1. Nama Penulis, Judul Skripsi (Lokasi: Nama Perguruan Tinggi, Tahun), Halaman.

Contoh Footnote

1. John Doe, “Pengaruh Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia” (Jakarta: Universitas Indonesia, 2021), 15.

3. Menjaga Etika Penulisan

Menulis footnote dari skripsi orang lain juga harus menjaga etika penulisan. Jangan menyalin informasi dari skripsi tersebut secara keseluruhan, cukup kutip informasi yang diperlukan dan jangan lupa untuk memberikan tanda kutip pada informasi yang diambil secara langsung dari skripsi.

4. Memeriksa Kembali Footnote yang Ditulis

Selalu periksa kembali footnote yang telah ditulis. Pastikan informasi yang digunakan benar dan sesuai dengan sumbernya serta format penulisan footnote sudah benar.

Baca juga :  Sampul Proposal Skripsi

5. Menyimpan Sumber Referensi dengan Baik

Jangan lupa untuk menyimpan sumber referensi dengan baik. Gunakan sistem penomoran atau kode untuk memudahkan pengecekan sumber referensi jika dibutuhkan di kemudian hari.

6. Meminta Izin kepada Pemilik Skripsi

Jika ingin menggunakan informasi dari skripsi orang lain secara luas, sebaiknya meminta izin kepada pemilik skripsi terlebih dahulu. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan sumber referensi dengan benar.

7. Menjaga Hak Cipta

Menjaga hak cipta adalah hal yang penting dalam menulis footnote dari skripsi orang lain. Jangan menyalin informasi secara keseluruhan tanpa mencantumkan sumber referensi, karena hal ini bisa dianggap sebagai pelanggaran hak cipta.

8. Mencari Sumber Referensi yang Lebih Otentik

Jika informasi yang dibutuhkan berasal dari skripsi orang lain dan sulit untuk mencari sumber referensi yang lebih otentik, sebaiknya mencari sumber referensi lain yang lebih mudah ditemukan dan diakui keotentikannya.

9. Menjaga Kejujuran

Menjaga kejujuran dalam menulis footnote dari skripsi orang lain adalah hal yang penting. Jangan merubah informasi yang ada atau menambahkan informasi yang tidak ada tanpa mencantumkan sumber referensi yang benar.

10. Kesimpulan

Menulis footnote dari skripsi orang lain tidaklah sulit jika sudah mengetahui cara yang benar. Selalu menjaga etika penulisan dan hak cipta serta mencantumkan sumber referensi dengan benar adalah hal yang penting dalam menulis footnote dari skripsi orang lain. Dengan begitu, kita dapat menghindari pelanggaran hak cipta dan menjaga kejujuran dalam menulis skripsi.

Cara Menulis Footnote dari Skripsi Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *