Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Website Pemerintah

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Website Pemerintah

Pengantar

Daftar pustaka merupakan bagian penting dalam sebuah tulisan ilmiah. Daftar pustaka berfungsi untuk memberikan referensi kepada pembaca mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan. Namun, seringkali kita bingung bagaimana cara menulis daftar pustaka dari website pemerintah. Artikel ini akan membahas secara lengkap cara menulis daftar pustaka dengan menggunakan sumber dari website pemerintah.

Panduan Menulis Daftar Pustaka dari Website Pemerintah

Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis daftar pustaka dari website pemerintah:

  1. Lakukan Penelitian
  2. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan penelitian. Cari informasi yang relevan dari website pemerintah yang berkaitan dengan topik yang akan ditulis. Pastikan sumber yang digunakan adalah resmi dan terpercaya.

  3. Tentukan Format Penulisan
  4. Setelah mendapatkan sumber-sumber yang relevan, tentukan format penulisan daftar pustaka. Format yang umum digunakan adalah APA (American Psychological Association) atau MLA (Modern Language Association). Pastikan untuk konsisten dalam menggunakan format yang dipilih.

  5. Catat Informasi yang Diperlukan
  6. Saat mencatat informasi dari website pemerintah, pastikan untuk mencatat informasi yang diperlukan seperti nama penulis, judul artikel, nama website, tanggal publikasi, dan alamat URL.

  7. Contoh Penulisan Daftar Pustaka
  8. Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dengan menggunakan sumber dari website pemerintah:

    • Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Panduan Protokol Kesehatan Covid-19. Diakses pada 10 Oktober 2021, dari https://www.kemkes.go.id.
    • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). Pedoman Pembelajaran Daring. Diakses pada 15 November 2020, dari https://www.kemdikbud.go.id.

    FAQ (Frequently Asked Questions)

    • Bagaimana cara menulis daftar pustaka dari website pemerintah?

      Untuk menulis daftar pustaka dari website pemerintah, lakukan penelitian terlebih dahulu, tentukan format penulisan, catat informasi yang diperlukan, dan contoh penulisan daftar pustaka. Pastikan untuk menggunakan sumber yang resmi dan terpercaya.

    • Apa saja format penulisan yang umum digunakan dalam daftar pustaka?

      Format penulisan yang umum digunakan dalam daftar pustaka adalah APA (American Psychological Association) dan MLA (Modern Language Association).

    • Apakah sumber dari website pemerintah dianggap terpercaya?

      Ya, sumber dari website pemerintah dianggap terpercaya karena website pemerintah biasanya menyediakan informasi yang akurat dan terkini.

    Gambar

    Website Pemerintah

    Kesimpulan

    Menulis daftar pustaka dari website pemerintah dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Penting untuk mencatat informasi yang diperlukan dan menggunakan format penulisan yang konsisten. Dengan menggunakan sumber-sumber yang resmi dan terpercaya, daftar pustaka akan menjadi referensi yang berkualitas dalam sebuah tulisan.

    Jadi, tidaklah sulit untuk menulis daftar pustaka dari website pemerintah. Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan, Anda dapat menyajikan referensi yang akurat dan terpercaya dalam tulisan Anda.

Baca juga :  Website Singkatan Nama: Mempermudah Penggunaan Dan Menghemat Waktu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *