Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja Yang Profesional Dan Menarik

Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja Yang Profesional Dan Menarik
Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Untuk Dapatkan Kerja Impian

Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja yang Profesional

Mengapa Body Email Lamaran Kerja Penting?

Sebagai seorang job seeker, mengirimkan email lamaran kerja ke perusahaan yang diinginkan merupakan salah satu langkah penting dalam mengejar karir impian. Namun, tidak hanya menulis subjek email yang menarik, body email lamaran kerja juga harus diperhatikan dengan baik.

Body email lamaran kerja adalah bagian yang akan dibaca oleh pihak HRD perusahaan. Oleh karena itu, penulisan yang baik dan benar sangatlah penting agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan cara menulis body email lamaran kerja yang dapat meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil interview.

1. Perkenalan Diri

Perkenalan diri merupakan bagian penting dalam body email lamaran kerja. Kamu harus mencantumkan nama lengkap, pendidikan terakhir, dan pekerjaan sebelumnya (jika ada). Hal ini dapat memberikan gambaran kepada perusahaan tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja kamu.

Coba perhatikan contoh perkenalan diri sederhana berikut:

“Salam sejahtera, perkenalkan nama saya Joko Widodo. Saya adalah lulusan S1 Teknik Informatika dari Universitas Indonesia dan memiliki pengalaman kerja di bidang IT selama 2 tahun terakhir.”

2. Tujuan Melamar

Tujuan melamar adalah alasan kamu mengirimkan email lamaran kerja tersebut. Jangan lupa untuk menyebutkan posisi yang kamu inginkan dan mengapa kamu tertarik pada posisi tersebut. Hal ini dapat menunjukkan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan.

Berikut contoh tujuan melamar yang baik:

Baca juga :  Contoh Surat Riwayat Hidup Untuk Lamaran Kerja Yang Menarik

“Saya mengirimkan email lamaran kerja ini untuk melamar posisi Software Engineer di perusahaan XYZ. Saya sangat tertarik dengan perusahaan ini karena telah memiliki reputasi yang baik di bidang teknologi informasi.”

Email Lamaran Kerja3. Isi Pesan

Isi pesan merupakan inti dari body email lamaran kerja. Pada bagian ini, kamu dapat menjelaskan mengenai kualifikasi diri kamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan lupa untuk menunjukkan keunggulan kamu dan mengapa kamu layak untuk dipertimbangkan sebagai kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Contoh isi pesan yang baik sebagai berikut:

“Saya memiliki pengalaman dalam mengembangkan aplikasi web selama 2 tahun terakhir dan telah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Saya juga memiliki kemampuan untuk bekerja secara tim dan telah terbiasa menggunakan Git sebagai alat manajemen kode.”

4. Penutup

Penutup merupakan bagian terakhir dalam body email lamaran kerja. Pada bagian ini, kamu dapat menuliskan harapan kamu untuk dipanggil interview dan menyertakan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.

Contoh penutup yang baik sebagai berikut:

“Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap interview dan membuktikan kualifikasi yang saya miliki. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan.”

5. Lampiran

Selain body email lamaran kerja, jangan lupa untuk melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Kesimpulan

Menulis body email lamaran kerja yang baik dan benar dapat meningkatkan peluang kamu untuk dipanggil interview. Perkenalan diri, tujuan melamar, isi pesan, penutup, dan lampiran adalah bagian penting dalam body email lamaran kerja yang harus kamu perhatikan.

Dengan mengikuti tips dan cara menulis body email lamaran kerja yang telah kami berikan di atas, diharapkan kamu dapat memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan pada tahun 2023.

Baca juga :  Cara Efektif Membalas Email Lamaran Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *