Cara Menghitung Pecahan

cara menghitung pecahan
cara menghitung pecahan

Cara menghitung pecahan adalah salah satu keahlian matematis yang penting. Pecahan adalah bagian dari bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pecahan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti ketika kita membagi sesuatu menjadi beberapa bagian yang sama besar. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menghitung pecahan.

Detail

Pembagian Pecahan

Pecahan yang paling umum adalah yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Cara menghitung pecahan biasa adalah dengan membagi pembilang dengan penyebut. Contohnya, 3/4 dapat dihitung dengan membagi 3 dengan 4, hasilnya adalah 0,75.

Pembulatan Pecahan

Pembulatan pecahan dapat dilakukan dengan cara membulatkan hasil pecahan ke bilangan bulat terdekat. Contohnya, 7/3 dapat dibulatkan menjadi 2 atau 3.

Pengurangan Pecahan

Pengurangan pecahan dilakukan dengan cara mengurangi dua pecahan dengan penyebut yang sama. Misalkan 2/5 dikurangi 1/5, maka hasilnya adalah 1/5.

Penjumlahan Pecahan

Penjumlahan pecahan dilakukan dengan cara menjumlahkan dua pecahan dengan penyebut yang sama. Misalkan 2/5 ditambah 3/5, maka hasilnya adalah 5/5 atau 1.

Persentase Pecahan

Persentase pecahan dapat dihitung dengan cara mengubah pecahan menjadi desimal dan mengalikannya dengan 100. Misalkan 2/5 dapat diubah menjadi 0,4 dan dikalikan dengan 100 sehingga hasilnya adalah 40%.

Baca juga :  Cara Membuka Hp Xiaomi Yang Terkunci Dengan Mudah Dan Cepat

Konversi Pecahan Campuran

Pecahan campuran dapat dikonversi menjadi pecahan biasa dengan cara mengalikan bilangan bulat dengan penyebutnya dan menambahkan pembilangnya. Misalkan 1 1/4 dapat dikonversi menjadi (1 x 4) + 1 = 5/4.

FAQ

Bagaimana cara menambahkan dua pecahan dengan penyebut yang berbeda?

Untuk menambahkan dua pecahan dengan penyebut yang berbeda, penyebut harus diubah menjadi sama terlebih dahulu dengan cara mencari kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari kedua penyebut. Kemudian, pembilang diubah sesuai dengan perubahan penyebut. Misalkan 1/3 ditambah 1/4, maka KPK dari 3 dan 4 adalah 12. Maka, 1/3 dapat diubah menjadi 4/12 dan 1/4 dapat diubah menjadi 3/12. Sehingga, hasil penjumlahannya adalah 7/12.

Bagaimana cara mengubah pecahan menjadi bilangan bulat?

Pecahan dapat diubah menjadi bilangan bulat dengan cara membagi pembilang dengan penyebut. Jika hasil pembagian lebih dari satu, maka bilangan bulat adalah hasil pembagian tersebut. Misalkan 7/3 dapat diubah menjadi 2, dengan pembagian 7 dibagi 3 hasilnya adalah 2 sisa 1.

Bagaimana cara menghitung pecahan dalam bentuk persen?

Untuk menghitung pecahan dalam bentuk persen, pecahan harus diubah menjadi desimal terlebih dahulu dan dikalikan dengan 100. Misalkan 3/4 dapat diubah menjadi 0,75 dan dikalikan dengan 100 sehingga hasilnya adalah 75%.

Apa itu pecahan campuran?

Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya, 1 1/2 adalah pecahan campuran yang dapat dikonversi menjadi 3/2.

Bagaimana cara mengurangi pecahan dengan bilangan bulat?

Pecahan dengan bilangan bulat dapat diubah menjadi pecahan biasa dengan penyebut yang sama dengan cara mengalikan bilangan bulat dengan penyebutnya dan menambahkan pembilangnya. Misalkan 2 1/3 dapat diubah menjadi (2 x 3) + 1 = 7/3. Kemudian, pecahan dapat dikurangi seperti biasa dengan pecahan lainnya.

Baca juga :  Cara Mematikan Developer Mode Xiaomi Yang Mudah Dan Tepat

Bagaimana cara mengubah pecahan menjadi persen?

Untuk mengubah pecahan menjadi persen, pecahan harus diubah menjadi desimal terlebih dahulu dan dikalikan dengan 100. Misalkan 2/5 dapat diubah menjadi 0,4 dan dikalikan dengan 100 sehingga hasilnya adalah 40%.

Bagaimana cara menghitung KPK dari dua penyebut pecahan?

KPK dari dua penyebut pecahan dapat dicari dengan cara mencari perkalian terkecil dari kedua penyebut. Contohnya, KPK dari 3 dan 4 adalah 12.

Apa itu pecahan biasa?

Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut yang berbeda. Contohnya, 3/4 adalah pecahan biasa.

Pros

Menghitung pecahan dapat membantu dalam membagi sesuatu menjadi bagian yang sama besar.

Keahlian menghitung pecahan dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan dalam studi matematika lebih lanjut.

Tips

Untuk menghitung pecahan dengan penyebut yang berbeda, cari KPK terlebih dahulu untuk membuat perhitungan lebih mudah.

Untuk mengkonversi pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kalikan bilangan bulat dengan penyebutnya dan tambahkan pembilangnya.

Summary

Cara menghitung pecahan dapat dilakukan dengan pembagian, pembulatan, pengurangan, penjumlahan, konversi, dan persentase pecahan. Pecahan juga dapat dikonversi menjadi bilangan bulat atau persen. Ada beberapa tips dan trik untuk memudahkan perhitungan pecahan yang berbeda. Menghitung pecahan dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan studi matematika lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *