Cara Menghilangkan Sablon Di Baju

cara menghilangkan sablon di baju
cara menghilangkan sablon di baju

Jika Anda memiliki baju kesayangan yang tidak lagi Anda pakai karena sablonnya sudah pudar atau tidak sesuai dengan selera, jangan buru-buru membuangnya. Anda bisa menghilangkan sablon di baju dengan beberapa cara yang mudah dan aman untuk dilakukan.

1. Gunakan Acetone atau Penghapus Tinta

Bahan kimia seperti acetone atau penghapus tinta dapat membantu menghilangkan sablon di baju. Namun, pastikan Anda menggunakan bahan kimia yang tepat untuk jenis kain baju Anda. Caranya, celupkan kapas ke dalam bahan kimia tersebut dan tepuk-tepuk pada sablon hingga sablon terangkat.

2. Gunakan Larutan Sodium Hydroxide

Larutan sodium hydroxide juga dapat membantu menghilangkan sablon di baju. Campurkan 1 sendok teh sodium hydroxide dengan 2 sendok teh air dan oleskan pada sablon. Tunggu selama 5-10 menit lalu cuci baju dengan air hangat.

3. Gunakan Larutan Bleaching

Jika bahan kimia di atas tidak efektif, Anda bisa mencoba menggunakan larutan bleaching. Caranya, campurkan 1 sendok teh bleaching dengan 2 sendok teh air dan oleskan pada sablon. Biarkan selama 5-10 menit lalu cuci baju dengan air hangat.

Baca juga :  Cara Memisahkan File Skripsi Per Bab

1. Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa membantu menghilangkan sablon di baju. Oleskan minyak kayu putih pada sablon dan biarkan selama 5-10 menit. Gosok sablon dengan sikat gigi bekas yang sudah dihilangkan bulu-bulunya, lalu cuci baju dengan air hangat.

2. Gunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga bisa membantu menghilangkan sablon di baju. Caranya, oleskan pasta gigi pada sablon dan biarkan selama 5-10 menit. Gosok sablon dengan sikat gigi bekas yang sudah dihilangkan bulu-bulunya, lalu cuci baju dengan air hangat.

3. Gunakan Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan sablon di baju. Oleskan air jeruk nipis pada sablon dan biarkan selama 5-10 menit. Gosok sablon dengan sikat gigi bekas yang sudah dihilangkan bulu-bulunya, lalu cuci baju dengan air hangat.

FAQ

1. Apakah menghilangkan sablon dapat merusak kain baju?

Tidak, asalkan Anda menggunakan bahan kimia atau bahan alami yang tepat dan sesuai dengan jenis kain baju Anda.

2. Apakah semua jenis sablon bisa dihilangkan dengan cara di atas?

Tidak, tergantung dari jenis sablon dan jenis kain baju Anda. Namun, cara-cara di atas dapat membantu mengurangi kesan sablon pada baju Anda.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkan sablon di baju?

Waktu yang dibutuhkan tergantung dari jenis sablon dan cara yang Anda gunakan. Namun, sebaiknya Anda tidak menggosok terlalu keras pada baju untuk menghindari kerusakan pada kain.

4. Apakah cara-cara di atas aman untuk dilakukan sendiri?

Ya, asalkan Anda menggunakan bahan kimia atau bahan alami dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang ada.

5. Apakah sablon bisa dihilangkan secara permanen?

Tidak, namun cara-cara di atas dapat membantu mengurangi kesan sablon pada baju Anda.

Baca juga :  Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok

6. Apakah cara-cara di atas bisa diaplikasikan pada semua jenis baju?

Tidak, sebaiknya Anda mengecek petunjuk perawatan pada label baju Anda untuk memastikan jenis kain dan cara perawatannya.

7. Apakah sablon yang sudah dihilangkan bisa diganti dengan sablon baru?

Tentu saja, namun pastikan Anda memilih sablon yang tepat dan sesuai dengan selera Anda.

8. Apakah cara-cara di atas bisa diaplikasikan pada baju yang sudah dicuci?

Idealnya, sebaiknya Anda menghilangkan sablon sebelum mencuci baju Anda. Namun, jika sablon sudah terlanjur dicuci, Anda masih bisa mencoba cara-cara di atas.

Pros

Cara menghilangkan sablon di baju dengan bahan kimia atau bahan alami sangat mudah dan aman dilakukan.

Tips

Sebaiknya Anda melakukan tes pada sebagian kecil dari baju Anda sebelum mengaplikasikan bahan kimia atau bahan alami pada keseluruhan baju Anda. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada kain baju Anda.

Summary

Menghilangkan sablon di baju bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah dan aman untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan bahan kimia seperti acetone atau penghapus tinta, larutan sodium hydroxide, atau larutan bleaching. Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti minyak kayu putih, pasta gigi, atau air jeruk nipis. Namun, sebaiknya Anda mengecek petunjuk perawatan pada label baju Anda untuk memastikan jenis kain dan cara perawatannya. Sebaiknya Anda melakukan tes pada sebagian kecil dari baju Anda sebelum mengaplikasikan bahan kimia atau bahan alami pada keseluruhan baju Anda. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada kain baju Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *